Search
Senin 6 April 2020
  • :
  • :

Mahyaruddin: 25 Bantuan KUBE Terealisasi Tahun 2020

 

Starberita – Medan, Penyaluran bantuan  25 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) ke kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara seperti Langkat, Deli Serdang dan Tanjung Balai yang menggunakan APBD Sumut ternyata akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2020 mendatang.

Hal ini terungkap ketika Anggota Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Sumatera Utara (Sumut), Mahyaruddin Salim memanggil Kepala Bidang (Kabid) Sosial Dinsos Sumut, Takin ke ruang kerjanya di Gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (10/12/2019).

Sebelumnya pada rapat dengar pendapat (RDP) Komisi E DPRD Sumut dengan Dinas Kesehatan Sumut, Dinsos Sumut, BPJS Kesehatan Wilayah Sumut dan Aceh, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sumut serta Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumut, Selasa (3/12/2019) lalu, jelas Mahyaruddin, Dinsos memamparkan bahwa adanya bantuan KUBE kebeberapa kabupaten/kota termasuk Kota Tanjung Balai sebanyak 25 bantuan tanpa menyebutkan tahun anggaran bantuan.

“Mendengar penjelasan seperti itu, saya langsung menanyakan dan meminta data 25 bantuan KUBE tersebut kepada Dinsos Sumut, karena saya mengira 25 bantuan KUBE tersebut untuk tahun 2019. Karena sepanjang tahun tersebut, Tanjung Balai tidak ada menerima KUBE,” ucapnya seraya menambahkan bahwa saat kritik tersebut, dirinya memvideokan ke media sosial.

Dari perihal ini, lanjut politisi Partai Golkar ini, terjadi kesimpangsiuran yang langsung dijelaskan oleh Dinas Sosial Kota Tanjung Balai bahwa mereka tidak ada menerima 25 bantuan KUBE untuk tahun anggaran 2019. Yang ada pada tahun 2017 sebanyak 30 bantuan KUBE dan tahun 2018 sebanyak 20 bantuan KUBE.

“Mengetahui bahwa terjadi kesimpangsiuran, saya langsung memanggil Kabid Sosial Dinsos Sumut, Takin dan dengan tegas menanyakan bahwa 25 bantuan KUBE tersebut direalisasikan untuk tahun kapan?,” cetusnya.

Kemudian, masih kata Mahyaruddin, Kabid Sosial Takin menjelaskan kepada dirinya bahwa 25 bantuan tersebut direalisasikan ke kabupaten/kota di Sumut pada Tahun 2020 mendatang yang kriteria penerima bantuan KUBE harus berusia produktif 18 sampai 60 tahun dan sudah berkeluarga. Kemudian, Anggota KUBE bukan pegawai Negeri (PNS, TNI, dan Polri) termasuk pensiunan.

“Selanjutnya, anggota KUBE bukan berasal dari satu keluarga (suami, istri dan anak), lokasi berdekatan dalam satu kecamatan. Selain itu, keluarga miskin yang terdaftar dalam basis data terpadu (BDT) yaitu penerima PKH, KIP, KIS dan Bansos Pangan dan belum pernah mendapatkan bantuan KUBE serta diprioritaskan yang sudah mempunyai embrio usaha,” terang Mahyaruddin sembari menambahkan bahwa kriteria tersebut telah diatur dalam Peraturan Menteri Sosial (Permensos) Nomor 25 Tahun 2015.

Mahyaruddin juga menerangkan, bahwa selain kriteria yang telah diatur dalam regulasi tersebut, juga diwajibkan bahwa penerima bantuan KUBE, per kelompoknya terdiri dari 10 orang dan harus ada struktur kelompok yakni ketua, sekretaris dan bendahara.

“Kita juga meminta Dinsos Sumut agar menekankan kepada Dinsos Kota Tanjung Balai agar menginstruksikan kepada kelompok masyarakat penerima bantuan KUBE untuk menyertakan tanda atau Plang dimasing-masing kecamatannya, sehingga seluruh elemen mengetahui bahwa kelompok di satu kecamatan sudah menerima bantuan KUBE, begitu juga bagi masyarakat penerima yang ada di kecamatan lainnya,” pungkas politisi Partai Golkar ini.

Seperti diketahui, kelompok usaha bersama (KUBE) adalah kelompok keluarga miskin yang dibentuk, tumbuh dan berkembang atas prakarsa dalam melaksanakan usaha ekonomi produktif (UEP) yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan keluarga dan diatur dalam Permensos Nomor 25 Tahun 2015.

Selanjutnya, Usaha ekonomi produktif adalah bantuan sosial yang diberikan kepada kelompok usaha bersama (KUBE) untuk meningkatkan pendapatan keluarga yang diatur dalam Permensos Nomor 25 Tahun 2015, dalam rangka meningkatkan produktifitas kerja dan menciptakan kemitraan usaha yang saling menguntungkan serta pengembangan kemandirian keluarga. (sbc-03)




Tinggalkan Balasan

error: