Search
Rabu 12 Agustus 2020
  • :
  • :

Tari Ronggeng Pakpong Etnis Melayu Pukau Pengunjung PSBD Asahan

Starberita – Kisaran, Etnis Melayu merupakan salah satu dari ke 14 etnis yang ambil bagian dalam Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Asahan ke-4. Dipenghujung pagelaran, Etnis Melayu menampilkan salah satu kesenian tradisional Melayu Asahan berupa Ronggeng Pakpong.

Tarian yang dipadu dengan pantun-pantun yang dilantunkan berkisah tentang kehidupan hingga ratapan kepada Tuhan pukau pengunjung yang memadati komplek Graha Terminal Madya Kisaran, Kamis (05/12/2019).

Acara pagelaran Etnis Melayu pada PSBD ke-4 tersebut dimulai pukul 14.00.wib diawali dengan pembukaan, dilanjut dengan Tari Zapin, Prosesi tradisi penyambutan pengantin, Qasidah, Lagu Melayu dan Senandung Asahan. Pada malam hari kegiatan dilanjutkan dengan menampilkan Tari Persembahan, Silat Penyambutan Tamu, Kata Sambutan, hingga Ronggeng Pakpong sebagai penutup penampilan Etnis Melayu.

Dikesempatan tersebut Ketua PB Mabmi Pusat yang disampaikan oleh Wakil Ketua Yusron mengucapkan apresiasi dan kesalutannya kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang dipimpin saat ini oleh Bupati Asahan Surya Bsc telah memprogramkan PSBD Kab. Asahan setiap 2 tahun sekali.

“Dengan terselenggaranya PSBD Kab. Asahan kekompakan antara etnis yang ada di Kab. Asahan semakin kuat, sehingga dengan kekompakan ini dapat membantu program Pemerintah Kab. Asahan dalam menjaga kelestarian seni budaya setiap etnis yang ada di Kab. Asahan,”ujar Yusron seraya mengatakan dengan ditampilkannya seni budaya pada PSBD Kab. Asahan tahun 2019 ini dapat menimbulkan rasa kecintaan masyarakat Kab. Asahan terhadap seni budaya yang ada di Kab. Asahan.

Sementara itu Bupati Asahan Surya Bsc diwakili Asisten II Ekbang Jhon Hardi Nasution mengatakan, Pemkab Asahan sangat mendukung kegiatan PSBD Kab. Asahan ini demi menjaga dan melestarikan budaya khususnya budaya melayu di Kab. Asahan.

Jhon Hardi mengatakan pentas budaya melayu ini merupakan langkah maju dalam rangka menghidupkan kembali kearifan lokal dan menjadi stimulus terhadap generasi muda untuk kembali mendalami berbagai kegiatan seni budaya dan menggugah semangat kita untuk mencintai budaya sendiri dan dapat menghibur masyarakat Kab. Asahan tentunya.

“Kepada masyarakat adat melayu marilah terus dan tetap bersatu padu untuk menjaga kerjasama yang baik dengan Pemerintah Daerah, Forkopimda, serta unsur lainnya karena melayu adalah sahabat semua suku dan etnis,”tutupnya.

Dipenghujung acara, Tari Ronggeng Pakpong tarian yang dipadukan dengan pantun-pantun yang dilantunkan jika diartikan merupakan tarian berpasangan penari perempuan bernyanyi sambil bergoyang hingga membuat suasana malam terakhir PSBD Asahan ke-4 tahun 2019 menambah semarak suasana. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: