Search
Rabu 12 Agustus 2020
  • :
  • :

Dosen UNPAB Riset Tentang Pengaruh Harga dan Kualitas Produk

Starberita – Medan, Guna mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan khususnya pada usaha cake (bolu), Dosen fakultas Sosial Sains prodi manajemen Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan, Devi Anggriani, S.E., M.Si akhirnya melakukan penelitian pada usaha rumahan Marwah Cake Medan yang beralamat di jalan raya Menteng No. 346 Medan.

Devi mengatakan bahwa penelitian yang dilakukannya adalah penelitian kuantitatif dengan responden berjumlah 96 orang yang merupakan pelanggan tetap dari Marwah Cake Medan yang berdiri sejak tahun 2017. Dimana pada penelitian yang mengangkat judul ‘Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Marwah Cake Medan’, Devi turut dibantu beberapa orang mahasiswanya.

“Penelitian ini kami lakukan selama kurang lebih 6 bulan, dengan cara wawancara dan pembagian kuesioner kepada para responden yang merupakan pelanggan tetap dari Marwah Cake Medan,” sebut Devi kepada Starberita.com, Kamis (5/12/2019).

Lebih jauh Devi menyebutkan bahwa yang menjadi kelebihan dari produk Marwah Cake Medan yaitu dalam pembuatannya pengusaha selalu menggunakan bahan-bahan yang bermutu yang telah bersertifikasi halal. Selain itu, jelas Devi, produk Marwah Cake Medan juga tidak menggunakan bahan-bahan kimia seperti pengembang, pelembut, dan pewarna makananan yang tidak baik untuk kesehatan.

“Hasilnya, Marwah Cake Medan dapat di konsumsi untuk segala usia karena bahan-bahan yang digunakan aman untuk di kosumsi oleh segala usia. Adapun varian produk yang dijual adalah Cake (bolu) tapai, bolu pisang, bolu ceres dan bolu keju. Dimana untuk harganya, Marwah Cake Medan dibandrol dengan harga Rp.60.000/kotak,” ucap Devi.

Dan berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukannya, tambah Devi, variabel harga merupakan hal yang paling besar pengaruhnya terhadap kepuasan dari para pelanggan Marwah Cake Medan. Sedangkan untuk variabel kualitas produk, katanya, merupakan varibel yang bepengaruh kedua setelah variabel harga.

“Maka diharapkan kepada Marwah Cake Medan agar dapat terus menjaga dan meningkatkan atribut yang berguna untuk pemasaran produknya. Sehingga hal itu dapat terus memberikan kepuasan kepada para pelanggan setianya,” harap Devi. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: