Search
Rabu 12 Agustus 2020
  • :
  • :

Bolehkah Pengidap Mag Minum Air Dingin?

Starberita – Jakarta, Anda tentu tahu bahwa pengidap sakit mag punya batasan asupan agar tidak kambuh. Hal tersebut berlaku pada makanan dan minuman contohnya air dingin. Sebenarnya, bolehkah pengidap mag minum air dingin?

Disebut dengan istilah gastritis dalam dunia medis, penyakit mag adalah peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Keluhan ini akan menimbulkan gejala nyeri pada ulu hati atau perut kiri atas, mual, kembung, dan muntah.

Apabila terdapat keluhan lain, seperti nyeri dada, dada terasa panas, dan mulut terasa pahit atau asam, mungkin gejala tersebut bukan gejala mag, melainkan penyakit Refluks Gastroesofageal (GERD).

Penyakit ini terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Penyebabnya adalah klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik.

Ketika kambuh, penyakit mag bisa mengganggu aktivitas. Oleh sebab itu, perlu penanganan yang tepat dan pola makan yang baik. Pemilihan makanan dan minuman pun harus selektif. Selain makanan dan minuman asam, apakah air dingin boleh dikonsumsi? Berikut penjelasannya.

Bolehkah pengidap mag minum air dingin?

Minum air dingin memang sangat menyegarkan. Namun, pengidap penyakit mag perlu mempertimbangkan hal ini. Ingat, pengidap sakit mag memang perlu memperhatikan makanan dan minuman masuk ke dalam tubuh untuk menghindari kambuh. Lalu, apakah minum air dingin diperbolehkan bagi pengidap mag?

Menurut dr Astrid Wulan Kusumoastuti, minum air dingin tidak menjadi masalah sama sekali. Namun, ketika sakit mag sedang kambuh, memang sebaiknya minum air hangat saja agar perut dan lambung terasa lebih nyaman.

“Mau air hangat atau air dingin, hal itu tidak berpengaruh dalam penyakit mag. Ini masalah nyaman atau tidak nyaman saja di perut pengidap sakit mag. Tapi, biasanya kalau sedang sakit perut atau sakit di bagian perut, memang lebih nyaman untuk minum yang hangat-hangat,” ujar dr. Astrid Wulan.

“Yang perlu Anda ketahui, air dingin tidak mengobati ataupun memicu penyakit mag. Jadi, sebenarnya aman-aman saja kalau orang dengan masalah sakit mag ingin minum air dingin. Pengidap memang memilih untuk tidak minum air dingin saat sakit mag karena akan membuatnya merasa tidak nyaman,” sambungnya.

Perlunya mengubah pola hidup bagi pengidap mag

Bagi Anda yang memiliki masalah mag, gaya hidup dan pola makan yang lebih baik memang perlu diterapkan agar mag tidak semakin parah. Selain pengobatan oleh dokter, lakukan beberapa perubahan berikut ini.

  • Jangan sampai telat makan.
  • Usahakan makan teratur.
  • Makan sedikit-sedikit tetapi sering.
  • Hindari konsumsi makanan pedas dan asam.
  • Jangan mengonsumsi minuman mengandung alkohol dan kafein, serta hindari stres.

“Makanan asam dan pedas, kopi, alkohol, serta rokok sebaiknya dihindari karena dapat  merangsang asam lambung,” ungkap dr Nadia Octavia.

Hal-hal yang disebutkan di atas, bisa menjadi pemicu mag kambuh. Akibatnya, aktivitas Anda sehari-hari bisa terganggu. Anda pun jadi harus istirahat untuk meredakan gejala penyakit tersebut.

Jadi, Anda yang mengidap penyakit mag tidak perlu khawatir kalau ingin minum minuman dingin. Boleh saja jika pengidap mag minum air dingin. Namun, hindari pantangan-pantangan penyakit mag agar tidak kambuh atau bertambah parah. (sbc-02/kdc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: