Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Jangan Sepelekan Gusi Berdarah, Bisa Picu Penyakit Serius
Search
Selasa 10 Desember 2019
  • :
  • :

Jangan Sepelekan Gusi Berdarah, Bisa Picu Penyakit Serius

Starberita – Jakarta, Teknik menyikat gigi tak boleh disepelekan. Sebab jika Anda salah menyikat gigi akan berisiko mengalami gusi berdarah yang pada gilirannya akan memicu jenis penyakit lainnya.

“Diantaranya menggunakan tusuk gigi dan teknik penyikatan gigi yang salah,” ujar drg.Nurul Adha Marzuki.,Sp.Perio.

Nurul mengingatkan, apabila penyakit gigi berdarah alias gingivitis tidak ditangani secepatnya, sangat berpotensi menjadi penyakit periodontitis. “Perjalanan penyakitnya dimulai dari gingivitis (gusi berdarah), periodontitis, sampai bisa menjadi periodontitis kronis,” terangnya.

Selain gingivitis yang tidak diobati, terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit periodontitis (lanjutan dari penyakit gingivitis). Yaitu merokok, obesitas, kurang gizi. “Kita mengajarkan kepada masyarakat bagaimana mencegah terjadinya gusi berdarah. Serta edukasi cara menyikat gigi dengan benar,” ucapnya.

Menurutnya, populasi penderita gusi berdarah di Indonesia anak-anak dan remaja berkisar di bawah 80%. Sementara usia di atas 35 tahun berkisar 50-60%.

Sementara itu Direktur Rumah Sakit Asshobirin dr. Hj. Tri Widowati, MARS menambahkan, kesehatan gigi memang penting. Selain klinik yang telah disediakan, pihaknya juga akan terus mensosialisasikan pentingnya kesehatan gigi.

“Semoga apa yang disampaikan pada penyuluhan dapat menjadi pengetahuan dan bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: