Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Bisa Sebabkan Kebutaan, Yuk Kenali Perbedaan Katarak & Glaukoma
Search
Selasa 10 Desember 2019
  • :
  • :

Bisa Sebabkan Kebutaan, Yuk Kenali Perbedaan Katarak & Glaukoma

Starberita – Jakarta, Kesehatan mata sangat penting dalam kehidupan manusia. Tanpa mata yang sehat, setiap manusia akan sulit dalam melakukan aktivitasnya. Meski demikian bagian tubuh yang satu ini sangat sensitif dan rentan terhadap ancaman penyakit.

Beberapa penyakit yang menyerang mata terkadang bisa berdampak buruk. Tak hanya itu beberapa dari penyakit mata juga bisa menimbulkan kebutaan bagi para penderitanya. Oleh sebab itu seseorang harus berhati-hati dan peduli terhadap kesehatan matanya.

Beberapa penyakit mata yang sering menyerang masyarakat Indonesia adalah katarak dan glaukoma. Kedua penyakit ini dapat menimbulkan kebutaan apabila dibiarkan secara terus-menerus. Hal ini dibenarkan oleh Dokter Spesialis Mata, dr. Iva Yulia Sp.M.

Dokter Iva mengatakan masih banyak masyarakat awam yang tidak tahu tentang berbagai jenis penyakit mata ini. Bahkan beberapa dari mereka bingung membedakan antara katarak dan glaukoma.

“Katarak sering dialami oleh manusia lanjut usia (lansia). Katarak akan menurunkan kualitas pandangan karena adanya kekeruhan pada lensa mata, yang prinsipnya sama seperti uban,” terang dr. Iva.

Beda halnya dengan glaukoma, penyakit ini biasa dialami oleh siapa saja. Glaukoma terjadi terkait dengan penumpukan tekanan di dalam mata. Peningkatan tekanan di mata yang disebut tekanan intraokular dapat merusak saraf optik manusia.

Intinya kalau katarak bisa disembuhkan dengan membetulkan lensanya. Sementara glaukoma karena tekanan tinggi pada bola mata. Tingginya tekanan membuat aliran darah tidak mencapai mata dan merusak sarafnya,” lanjutnya.

Lebih lanjut dr. Iva mengatakan dalam kasus katarak pasien masih bisa disembuhkan dan berpotensi untuk mendapatkan kembali penglihatannya hingga 100 persen.

Sementara glaukoma tidak bisa disembuhkan, karena kerusakan matanya bersifat permanen.

“Kalau katarak itu diibaratkan seperti keruh lampunya, tapi kalau glaukoma seperti rusak kabelnya. Kalau katarak dioperasi maka penglihatan bisa kembali 100 persen,” jelas dia.

“Tapi glaukoma dioperasi akan tetap saja segitu kerusakannya. Jadi tugas dokter adalah menjaga pasien glaukoma agar penglihatannya tidak semakin berkurang,” tuntasnya. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: