Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – 8 Gejala Serangan Jantung Ini Mungkin Muncul Sebulan Sebelumnya
Search
Jumat 13 Desember 2019
  • :
  • :

8 Gejala Serangan Jantung Ini Mungkin Muncul Sebulan Sebelumnya

Starberita – Jakarta, Serangan jantung menjadi salah satu penyebab utama kematian mendadak. Siapa saja berpeluang mengalami serangan jantung, terutama yang memiliki faktor risiko. Terbaru ada mantan artis cilik Cecep Reza yang meninggal serangan jantung dalam tidurnya. Pemeran Bom Bom dalam sinetron Bidadari itu dikabarkan memang memiliki riwayat sakit jantung koroner.

Meskipun terjadi secara mendadak, terkadang gejala-gejala yang muncul sebelum serangan jantung. Namun gejala itu seringnya tidak disadari lantaran dianggap biasa. Inilah 8 gejala serangan jantung yang bisa muncul satu bulan sebelumnya :

  1. Kelelahan

Gejala ini lebih sering dialami oleh wanita daripada pria. Kelelahan yang tidak biasa merupakan salah satu gejala utama serangan jantung akan datang. Penyebabnya bukan karena aktivitas fisik atau masalah mental. Bahkan pekerjaan ringan seperti merapikan tempat tidur bisa terasa sangat melelahkan.

  1. Nyeri perut

Gejala selanjutnya adalah nyeri perut, mual saat perut kosong atau penuh, merasa kembung, dan sakit perut. Gejala ini terjadi pada pria dan wanita. Biasanya gejala yang muncul sebelum serangan jantung bersifat episodik. Rasa nyeri bisa mereda dan kemudian kembali dalam waktu singkat. Ketegangan fisik bisa memperburuk nyeri perut.

. Insomnia

Gejala lainnya yang juga dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung atau stroke adalah insomnia. Wanita lebih sering mengalami gejala ini. Tandanya adalah tingkat kecemasan yang tinggi, kesulitan memulai tidur, sulit bertahan tidur, dan bangun pagi.

  1. Sesak napas

Dispnea atau sesak napas sering terjadi pada pria dan wanita hingga 6 bulan sebelum mengalami serangan jantung. Kondisi ini merupakan tanda peringatan medis. Gejala ini ditandai dengan kesulitan menarik napas dalam-dalam, tidak bisa mendapatkan cukup udara untuk bernapas, pusing, dan sesak napas.

  1. Rambut rontok

Kehilangan rambut alias rambut rontok juga dianggap sebagai indikator risiko penyakit jantung. Kondisi ini biasanya terjadi pada pria di atas 50 tahun dan ada kemungkinan terjadi pada wanita. Rambut rontok dikaitkan dengan peningkatan kadar hormon kortisol yang bisa memicu stres dan pada akhirnya serangan jantung.

  1. Detak jantung tidak teratur

Irama detak jantung tidak teratur atau aritmia yang disertai dengan serangan panik dan kecemasan juga menjadi gejala terjadinya serangan jantung. Gejala ini sering terjadi di kalangan wanita dan muncul secara tak terduga. Detak jantung tidak beraturan berlangsung selama 1-2 menit. Apabila tak kunjung berangsur normal harus segera menghubungi dokter.

  1. Keringat berlebih

Berkeringat yang tidak biasa atau berlebihan adalah tanda peringatan dini serangan jantung. Ciri khasnya walau tidak melakukan aktivitas fisik yang berat dan suhu udara rendah, keringat tetap muncul berlebih. Ini mungkin terjadi kapan saja dan lebih sering dialami wanita. Gejala ini bisa menjadi samar di kalangan wanita menopause lantaran mirip dengan hot flashes. Selain itu, gejalanya mirip seperti flu dan membuat kulit lembap.

  1. Nyeri dada

Pria maupun wanita mengalami nyeri dada dalam berbagai intensitas dan bentuk. Pada pria, nyeri dada mengacu tanda-tanda awal dari serangan jantung di masa mendatang sehingga tidak boleh diabaikan. Di sisi lain, nyeri dada sebelum serangan jantunh terjadi hanya memengaruhi 30% wanita. Nyeri dada yang merupakan gejala akan terjadinya serangan jantung dapat meluas hingga sensasi tidak nyaman pada satu atau kedua lengan, rahang bawah, leher, bahu, atau perut. Ini mungkin memiliki karakter permanen atau sementara. (sbc-02/hel)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: