Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Filter Perkembangan Teknologi, Partisipasi Aktif Masyarakat Diperlukan
Search
Sabtu 7 Desember 2019
  • :
  • :

Filter Perkembangan Teknologi, Partisipasi Aktif Masyarakat Diperlukan

Starberita – Medan, Partisipasi aktif masyarakat terutama dalam edukasi kepada generasi milenial perlu ditingkatkan, karena akseptibiliti dan adaptibiliti generasi milenial  terhadap dampak kemajuan teknologi digital dapat bersifat positif dan negatif.
Demikian disampaikan salah seorang Baintelkam Mabes Polri, Muhammad Alwafi PhD, usai bertemu dengan ayah kandung Diki Hermawan terduga teroris ‘Penjual Es Tebu’ kepada wartawan di Medan, Rabu (20/11/2019).
Alwafi yang merupakan lulusan Akpol S3 Hubungan Internasional bidang Analisis Strategi dan Keamanan tersebut usai berkomunikasi menjelaskan bahwa  dampak negatif yang ditimbulkan apabila tidak dideteksi dini (early detection) secara intel aktif,  maka tidak menutup kemungkinan kejadian-kejadian aksi bom bunuh diri atau aksi-aksi teror atau yang menjurus kepada aksi-aksi radikal dapat terulang kembali, mengingat modus kejahatan atau aksi teror yang digunakan dapat mengecoh secara penyamaran dan tidak terlihat mencurigakan.
Oleh karena itu, lanjutnya, partisipasi aktif setiap elemen masyarakat dalam memfilter aktifitas masyarakatnya mulai dari kepala lingkungan (Kepling) berkoordinasi dengan Polri merupakan salah satu contoh bentuk upaya terobosan kreatif.
Demikian juga, masih kata Alwafi, contoh terobosan kreatif lain  adalah database ojek online yang terintegrasi dengan sistem aparat penegak hukum khususnya Polri untuk akselerasi dalam antisipasi aksi kriminal dan terorisme.
“Dengan kata lain Polri sebagai kepolisian negara dengan prinsip melindungi dan melayani (to protect and to serve) masyarakat akan selalu di depan “one step ahead” dalam mengantisipasi segala bentuk aksi kriminalitas  demi terwujudnya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif, bebas dari rasa takut terhadap ancaman kejahatan (free from fear of crime),” terangnya.
Dalam kesempatan itu,
Muhammad Alwafi juga memonitor langsung ke beberapa lokasi (wilayah hukum Belawan dan Deli Serdang), Sumatera Utara, mengingat ancaman serius terorisme dan radikalisme semakin intens. (sbc-03)



Tinggalkan Balasan

error: