Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Ngeri, 100 Juta Kuman Bisa Hidup di Toilet & Kamar Mandi!
Search
Jumat 13 Desember 2019
  • :
  • :

Ngeri, 100 Juta Kuman Bisa Hidup di Toilet & Kamar Mandi!

Starberita – Jakarta, Keluarga yang sehat dimulai dari rumah yang sehat, sebab semua hal berawal dari rumah. Inilah mengapa begitu penting untuk menjaga kebersihan rumah secara menyeluruh, salah satunya ruangan kamar mandi.

Namun sayangnya, kamar mandi adalah salah satu bagian rumah yang sering terlupakan untuk dijaga kebersihannya dengan sempurna. Padahal, tahukah Anda, menurut hasil studi yang dilakukan oleh Unilever, sebuah toilet di kamar mandi itu bisa terdapat lebih dari 100 juta kuman yang berisiko menyebabkan penyakit pada manusia.

Senada dengan hasil studi di atas, dijelaskan oleh Dr.dr.Wani Gunardi, SP. MK (K) sebagai dokter mikrobiologis klinis, nyatanya memang jutaan bakteri itu ada di toilet. Ya, bukan hanya banyak dari segi jumlah namun juga jenisnya.

“Bagian yang suka terlupa itu toilet, padahal jutaan bakteri ada di toilet. Mikroorganisme seperti virus, bakteri, jamur itu senang sekali tumbuh di daerah lembap dan tersembunyi. Bukan hanya jumlahnya yang banyak, tapi jenisnya juga banyak,” ungkap Dr.dr. Wani di bilangan Gunawarman, Jakarta Selatan.

Untuk soal jumlah kuman yang berpotensi hidup dan berkembang di toilet serta kamar mandi, jangan terkejut dulu ya! Diungkapkan oleh Dr.dr. Wani rata-rata dalam feses seseorang di kondisi normal saja bisa terdapat 11milyar kuman per gramnya loh!

“Toilet dan kamar mandi kan tempat kita membuang kotoran dan sisa makanan. Sebagai gambaran, rata-rata feses seseorang kondisi normal mengandung sekitar 11milyar kuman per gramnya. Jadi ada ratusan juta kuman di dalam toilet dan kamar mandi,” imbuhnya.

Sedangkan untuk variasi jenis, beberapa jenis kuman yang sering ditemukan di kamar mandi di antaranya adalah bakteri Salmonella, E.coli, Listeria, Shigella, Cholera, Typhoid, dan Rotavirus. Jenis kuman inilah yang dapat menyebabkan berbagai penyakit pada manusia.

“Jenis-jenis kuman kayak Salmonella, E.coli, Listeria, Shigella, Cholera, Typhoid, dan Rotavirus ini dapat menyebabkan macam-macam penyakit kayak diare, tifus, gangguan saluran pernafasan dan pencernaan, sampai juga penyakit kulit. Nah, kita bisa mengurangi risiko terpapar kuman-kuman ini, salah satu caranya dengan membersihkan toilet dan kamar mandi dengan benar secara teratur dan mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat,” tutup Dr.dr. Wani. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: