Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Jangan Diabaikan, Pahami Enam Gejala Kanker Kulit
Search
Sabtu 7 Desember 2019
  • :
  • :

Jangan Diabaikan, Pahami Enam Gejala Kanker Kulit

Starberita – Jakarta, Jika kerap merasa gatal-gatal cukup parah, maka Anda wajib waspada, karena kondisi itu bisa jadi gejala kanker kulit. Kanker kulit disebabkan oleh perubahan genetik pada sel kulit. Perubahan tersebut bisa disebabkan paparan sinar matahari atau ultraviolet yang dapat merusak kulit.

Sayangnya, masih banyak orang mengabaikan penyakit ini. Sebagian besar menganggap gejala-gejala atau gangguan pada kulit merupakan hal wajar. Kanker kulit hanya bisa diperiksa dengan cara medis apakah seseorang benar mengalaminya atau hanya gangguan kulit biasa.

Penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti keturunan, adanya infeksi virus, gaya hidup kurang sehat, terkena paparan sinar matahari dan radikal bebas. Kanker kulit juga bisa disebabkan oleh zat kimia tertentu yang dapat membuat sek kanker mudah berkembang biak.

Kanker kulit juga bisa terjadi pada daerah yang jarang terpapar sinar matahari seperti bagian bawah jari, telapak tangan atau kaki, bahkan daerah kulit lain yang tertutup. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui gejala kanker kulit yang tak boleh diabaikan, seperti rangkuman berikut ini.

Gatal-Gatal dan Nyeri

Gatal-gatal sering dialami oleh sebagian besar orang. Namun gatal-gatal akibat alergi sedikit berbeda dengan ciri-ciri kanker kulit.

Anda perlu mewaspadai jika gatal-gatal pada permukaan kulit hingga terlihat seperti bersisik. Terlebih, Anda tidak boleh menyepelekan jika rasa gatal disertai dengan nyeri pada permukaan kulit. Anda perlu memeriksakan kondisi ini ke dokter.

Tahi Lalat Membesar

Tahi lalat membesar dan berubah warna merupakan satu di antara gejala dari kanker kulit jenis melanoma. Kanker kulit melanoma sedikit sulit dibedakan dengan tahi lalat biasa.

Benjolan pada Permukaan Kulit

Munculnya benjolan pada permukaan kulit tanpa rasa nyeri bisa menjadi tanda awal kanker kulit. Banyak orang yang menganggap itu hanya gumpalan daging biasa dan akan hilang sendirinya.

Namun benjolan tersebut bisa memperparah kulit apabila didiamkan. Benjolan ini biasanya timbul di beberapa bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari langsung.

Selain itu, benjolan pada permukaan kulit ini banyak pula tumbuh di area lipatan seperti ketiak, leher atau selangkangan.

Muncul Bercak pada Kulit

Salah satu gejala awal kanker kulit yang paling terlihat adalah adanya bercak yang tak biasa pada kulit. Kondisi ini bisa muncul tanpa disadari apa penyebabnya. Jika didiamkan, maka bercak akan semakin menyebar ke kulit lainnya. Bahkan bercak ini juga akan menimbulkan rasa sakit.

Selain bercak, Anda juga perlu mewaspadai jika permukaan kulit menjadi bersisik dan disertai dengan rasa gatal. Kondisi ini disebabkan oleh rusaknya sel kulit akibat tumbuhnya sel kanker.

Muncul Luka atau Bintik

Kanker kulit bisa ditandai dengan adanya luka, memar, atau bintik-bintik pada kulit. Kondisi ini akan semakin parah jika tidak segera diobati. Sebab, akan mempermudah tumbuh kembang virus dan bakteri.

Area yang sering terkena kondisi ini biasanya kulit yang sering terkena sinar matahari seperti kulit kepala, leher, dan wajah. Namun area kulit tertutup pun bisa berisiko timbulnya luka dan bintik gejala kanker kulit.

Tips Mencegah Kanker Kulit

  • Hindari paparan sinar matahari langsung, khususnya pada siang hari (pukul 10.00 – 14.00)
  • Mandi secara teratur
  • Jaga kebersihan sekitar
  • Rajin menggunakan perawatan kulit berbahan dasar susu dan buah
  • Gunakan masker atau lulur buah
  • Olahraga setiap hari setidaknya 30 menit per hari
  • Rajin mengonsumsi buah dan sayur yang kaya nutrisi, khususnya vitamin C dan antioksidan
  • Gunakan lotion tubuh sebelum keluar rumah guna menjaga kulit dari sinar UV
  • Jika gatal, hindari menggaruknya dengan mengoleskan minyak gatal
  • Langsung mencuci tubuh atau mandi selepas berolahraga, tetapi menunggu keringat sudah surut. (sbc-02/bol)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: