Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Gubsu Diminta Libatkan DPRD Dalam Pemilihan Komisaris & Direksi BUMD
Search
Sabtu 7 Desember 2019
  • :
  • :

Gubsu Diminta Libatkan DPRD Dalam Pemilihan Komisaris & Direksi BUMD

Starberita – Medan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dalam hal ini Gubernur Sumut sebagai pemilik saham BUMD diminta melibatkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam pemilihan komisaris dan direksi seluruh BUMD.

 

Agar, kata Anggota Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Tuani Lumbantobing, proses pemulihannya berlangsung dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip bisnis yang mengacu pada tujuan yang telah dicanangkan yang terpilihnya sosok terbaik yang mampu mencetak laba bagi perusahaan.

 

Hal ini dikatakan Tuani atas dasar keprihatinannya melihat kondisi Badan Usaha Miliki Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi Sumut yang hingga saat ini belum ada memberikan pemasukan.

 

“Kita sangat prihatin melihatnya, tak ada satu pun BUMD, baik itu PT Bank Sumut, PT Pembangunan Prasarana Sumut, PT Dirga Surya, PT Perkebunan Sumatra Utara, PDAM Tirtanadi dan PD Aneka Industri dan Jasa yang memberikan pemasukan kepada Pemprovsu. Justru mereka ‘menghisap’ anggaran pembangunan daerah dengan meminta penyertaan modal dalam jumlah yang bervariasi, bahkan hingga ratusan miliar,” katanya kepada wartawan diruang kerjanya Gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (12/11/2019).

 

Menurut Tuani, sebagai landasan disebutkannya pelibatan DPRD Sumut dalam penentuan Komisaris dan direksi BUMD akan diatur dalam Tata Tertib (Tatib) dewan yang dianggap tidak menyalahi ketentuan yang sebelumnya sudah ada.

 

“Harus ada landasan konstitusionalnya, agar tidak menyalahi ketentuan. Karena itu, Kita akan membicarakan hal ini dengan Gubsu Edy Rahmayadi, agar ada kesepahaman melibatkan DPRD dalam menentukan komisaris dan direksi BUMD,” cetusnya. (sbc-03)




Tinggalkan Balasan

error: