Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – 3 Tanaman Herbal Ini Bantu Cegah Diabetes
Search
Jumat 6 Desember 2019
  • :
  • :

3 Tanaman Herbal Ini Bantu Cegah Diabetes

Starberita – Jakarta, Gula darah yang tinggi menjadi bibit untuk penyakit diabetes melitus (DM). Gula darah yang tinggi tersebut tak langsung mencetuskan penyakit DM, namun secara perlahan membuat tubuh lebih rentan.

Tingginya kadar gula darah cenderung disebabkan oleh asupan makanan yang tinggi gula seperti karbohidrat, permen, makanan ringan, serta makanan instan. Dengan kadar gula darah yang kian meningkat, tubuh akan kesulitan menyerap insulin dan akhirnya berada pada tahap pradiabetes.

Salah satu cara mencegahnya, tentu dengan meminimalisir asupan yang tinggi gula tersebut. Bahkan, tak sedikit masyarakat yang meyakini bahwa obat herbal mampu meredakannya.

“Dalam Riskesdas (riset kesehatan dasar), penggunaan herbal bisa 5-10 persen dalam masyarakat. Kita tidak bisa juga katakan tidak. Kalau ada pasien diabetes yang gunakan herbal kita sarankan tetap obatnya jangan dihentikan dan selalu pantau manfaatnya,” ujar Koordinator Dalam Negeri PB PERKENI Prof. Dr. dr. Pradana Soewondo Sp.PD-KEMD, di Jakarta.

Nah, meski obat herbal belum terbukti mampu menyembuhkan diabetes, namun beberapa tanaman herbal bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Tapi, tentu dikonsumsinya tetap harus disertai konsumsi obat diabetes. Berikut tanaman herbal yang bisa diambil manfaatnya untuk menurunkan gula darah berdasarkan paparan Ketua Umum PEDI (Perhimpunan Edukasi Diabetes Indonesia), dr. Aris Wibudi Sp.PD-KEMD.

Kayu manis

Kayu manis ternyata bisa bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Kayu manis yang dikonsumsi dengan makanan ataupun minuman lain, bisa secara perlahan mengontrol gula di dalam tubuh. Meski begitu, obat diabetes yang diberikan dokter tetap harus diminum, ya.

Pare

Olahan pare pada makanan Indonesia sangat bervariasi. Sebut saja tumis pare atau pare yang dicampur di dalam gado-gado. Lezat, ya? Walaupun rasanya sedikit pahit, efek baik dari pare ampuh turunkan gula darah, lho. Sambiloto

Tanaman sambiloto merupakan tanaman yang mempunyai rasa sangat pahit. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah Asia dan India. Sudah lama tanaman ini dimanfaatkan untuk obat tradisional. Aris menuturkan bahwa tanaman sambiloto berkhasiat menurunkan gula darah seperti mekanisme obat diabetes. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: