Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Plt.Kadisdik Batubara Minta MKSS Jangan Bekerja Sendiri
Search
Senin 18 November 2019
  • :
  • :

Plt.Kadisdik Batubara Minta MKSS Jangan Bekerja Sendiri

Starberita – Barubara, Plt.Kadisdik Kabupaten Batubara, Ilyas Sitorus menerima kunjungan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Program Manajemen Pendidikan Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan (Unimed) yang didampingi Dosen Pembimbing, Dr. Sukarman Purba, M. Pd.

“Kunjungan PKL ini dilakukan dalam rangka melihat langsung dilapangan antara teori-teori yang di dapat dalam perkuliahan dengan implementasinya,” sebut Ilyas usai menghadiri Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) di SMPN 5 Sei Suka, Kab. Batubara, Kamis (7/11/2019).

Ilyas menambahkan, kedatangan Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara adalah untuk melihat dari dekat sekaligus menambah pengetahuan mahasiswa dengan melihat langsung lingkungan dinas pendidikan dan sekokah terkait dengan perencanaan, pemenuhan kebutuhan tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan sarana prasarana serta upaya peningkatan mutu pendidikan di bawah binaan Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara. Lebih lanjut Ilyas mengatakan, MKKS dalam melaksanakan tugasnya jangan bekerja sendiri.

“MKKS dan MGMP harus bersinergi yang baik dan jika ada hal-hal yang sulit diputuskan sampaikan ke Dinas Pendidikan. Yakinkan saya, saya akan bantu semaksimal mungkin. Sehingga akan membawa dampak yang baik dalam pengembangan profesi guru kita. Semua ini perlulah bersinergi,” tambah ncekli safaan akrab ilyas.

Semnentara itu, Dosen Pembimbing Program Manajemen Pendidikan Pasca Sarjana Unimed, Dr. Sukarman Purba, M. Pd., mengatakan bahwa pihaknya sengaja memilih Kabupaten Batubara sebagai objek praktek kerja lapangan bagi mahasiswa bimbingannya.

Karena menutunya, selain Plt. Kadisdiknya akan membantu kemudahan dalam pemenuhan data-data yang berkaitan yang dibutuhkan, pihaknya juga mengharapkan agar sumbangan pemikiran yang diberikan pihaknya dapat membantu pengembangan dan dimanfaatkan oleh Pemkab Batubara, khususnya dalam hal ini Disdik dalam upaya untuk peningkatan mutu pendidikan.

“Saya berkeyakinan, jika bapak-ibu bersama di bawah payung yang bernama MKKS ini, SMP di Batubara dalam 4 tahun ke depan akan menjadi perhatian Sumatera Utara. Plt.Kadisdik, Ilyas Sitorus, sudah menyampaikan dan menawarkan ke pihak Unimed agar Batubara bisa dijadikan pilot project pengembangan pendidikan dan sekaligus tempat PKL-nya mahasiswa Unimed,” ujar Sukarman.

Menyikapi harapan Plt.Kadisdik Batubara dan masukan dari Dosen Pasca Unimed, Ketua MKKS SMP N/S se-Kabupaten Batubara, Bahtiar yang juga Kepala SMP Negeri 2 Talawi mengatakan MKKS akan terus berperan dalam mengembangkan jaringan. Berbagai upaya akan ditempuhnya agar kepala sekolah dan guru mempunyai variasi kegiatan yang bermuara pada peningkatan profesionalitas guru.

“Kerjasama dengan pihak swasta (sponsor) dan lembaga-lembaga independen terus kami lakukan, termasuk juga perusahaan yang ada di sekitar sekolah kami dalam rangka mengemban misi memberdayakan para guru. Hal ini bisa dilakukan karena MKKS mempunyai kewenangan dalam menentukan program-program terbaik bagi para guru,” ujar Bahtiar.

Bahtiar pun menjelaskan bahwa MKKS dibentuk oleh para kepala sekolah ditingkat SMP Negeri dan Swasta. Dimana MKKS mempunyai struktur kepengurusan ditingkat Kabupaten atau bisa disebut sebagai MKKS Rayon. Ditingkatan bawahnya ada juga MKKS Sub Rayon.

“MKKS ini dibentuk oleh para kepala sekolah di beberapa kecataman dalam suatu wilayah yang berdekatan. Jadi, MKKS Rayon membawahi beberapa MKKS Sub Rayon. MKKS tidak memiliki jenjang struktural sampai ditingkat propinsi atau tingkat nasional. Ditingkat propinsi, MKKS hanya bersifat koordinatif antar pengurus (yang biasanya diwakili ketua MKKS Rayon),” jelas Bahtiar.

Bahtiar pun memaparkan bahwa MKKS mempunyai masa kerja 3 tahun dengan ketentuan pengurusnya bisa dipilih kembali untuk 1 kali masa jabatan berikutnya. Sehingga diharapkan pada kepengurusan MKKS berikutnya, akan tampil para kepala sekolah yang lainnya dengan semangat yang lebih fresh dan ide-ide yang lebih segar. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: