Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Awas, Bermain Smartphone saat BAB Bisa Picu Wasir!
Search
Senin 18 November 2019
  • :
  • :

Awas, Bermain Smartphone saat BAB Bisa Picu Wasir!

Starberita – Jakarta, Bermain smartphone atau ponsel pintar saat buang air besar (BAB) ternyata bisa picu wasir. Kaget? Wajar saja Anda kaget, karena saat ini beraktivitas di kamar kecil sambil ditemani ponsel sudah menjadi hal yang umum dilakukan.

Ponsel pintar atau smartphone kini memang telah menjelma menjadi sahabat setiap orang. Buktinya, banyak orang yang tak bisa terpisah darinya, termasuk saat BAB. Sebuah survei menunjukkan bahwa 90 persen orang membawa smartphone ke kamar mandi, dengan alasan agar tak bosan ketika BAB.

Apa itu wasir? Ini adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus mengalami pelebaran. Pembuluh darah tersebut dapat meregang hebat, menipis, teriritasi hingga berdarah. Penderita wasir juga akan merasa tidak nyaman saat duduk.

Beberapa gejala yang terjadi akibat ambeien, di antaranya:

  • Tampak darah menetes ketika BAB
  • Nyeri ketika duduk atau menggunakan pakaian akibat pergesekan dengan pembuluh darah
  • Tampak benjolan berwarna merah di sekitar anus
  • Pucat dan lemas, terutama pada pasien yang sudah mengalami anemia (kekurangan sel darah merah akibat perdarahan saat BAB)

Wasir akibat smartphone

Mengintip media sosial atau bermain game di smartphone saat BAB akan membuat Anda duduk di toilet lebih lama. Hal ini akan meningkatkan tekanan di area anus dan membuat Anda mengejan lebih kuat saat BAB. Alhasil, wasir atau hemoroid lebih mungkin terjadi.

Tidak sekadar itu, bermain smartphone saat BAB juga meningkatkan risiko terjadinya infeksi bakteri. Ini karena toilet, terutama di fasilitas umum, adalah area dengan jumlah kuman yang sangat banyak.

Nah, terlalu asyik bermain smartphone saat BAB akan membuat Anda lebih lama terpapar dengan beragam kuman tersebut hingga akhirnya terinfeksi.

Cara mudah cegah wasir

Anda bisa terhindar dari wasir dengan mulai memperbaiki perilaku saat BAB. Caranya:

·         Hanya ke toilet saat keinginan BAB muncul

Pergilah ke toilet saat dorongan untuk BAB sudah muncul. Bila rasa mulas belum muncul terlalu kuat, hindari pergi ke toilet karena itu akan membuat Anda duduk lebih lama.

·         Tinggalkan smartphone

Tinggalkan smartphone di luar kamar mandi, terutama saat Anda ingin BAB. Jangan pula mengganti peran smartphone dengan buku atau majalah, karena tetap akan memperlama durasi Anda di dalam toilet.

Batas waktu yang cukup aman untuk duduk di toilet saat BAB adalah tidak lebih dari 15 menit. Lebih dari waktu tersebut akan meningkatkan risiko konstipasi (sembelit) dan wasir.

Kalaupun Anda harus membawa ponsel ke toilet, pasang alarm selama 10–15 menit untuk mengingatkan batas waktu. Jangan lupa untuk meletakkan ponsel saat Anda akan membersihkan toilet. Hal ini demi menghindari partikel kuman dari feses melayang supaya tidak menempel di ponsel Anda.

·         Cuci tangan

Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah buang air besar atau kecil. Bersihkan pula badan dan layar ponsel Anda secara rutin, terutama setelah dibawa ke dalam toilet. Tujuannya, agar ponsel Anda tak menjadi tempat kuman untuk bersarang.

Mulai saat ini jangan lagi berpikir untuk membawa smartphone saat BAB, apalagi jika Anda tidak ingin terkena wasir atau ambeien dan kondisi merugikan lainnya. Anda tak ingin mempertaruhkan kesehatan hanya demi eksis di media sosial atau bermain game di ponsel, bukan? (sbc-02/kdc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: