Search
Selasa 4 Agustus 2020
  • :
  • :

Moms Wajib Tahu, Inilah Dampak Buruk Gadget bagi Anak!

Starberita – Jakarta, Bisa dikatakan, gadget sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Bahkan, si Kecil sudah mahir dalam menggunakannya. Namun, penggunaan gadget secara berlebihan justru akan berdampak buruk pada si Kecil. Apa sajakah dampak buruk gadget bagi anak?

Dampak Buruk Gadget bagi Anak

Gadget, jika digunakan secara berlebihan, tentu memiliki dampak buruk bagi si Kecil. Yuk, ketahui satu per satu dampak buruk gadget bagi anak berikut ini, Mums!

1. Menghambat Perkembangan Kognitif

Otak si Kecil berkembang sangat cepat sejak dilahirkan. Penelitian menunjukkan, paparan yang berlebihan terhadap gadget dapat menghambat perkembangan kognitif, mengurangi fokus, dan mengganggu pendengaran.

2. Perkembangan Fisik si Kecil Tertunda

Daripada terpaku dengan gadget, si Kecil seharusnya aktif bermain dan berlari. Oleh karena itu, salah satu dampak buruk gadget bagi anak ialah membuat perkembangan fisik si Kecil menjadi tertunda.

3. Kurang Memiliki Kemampuan Sosial

Saat si Kecil terlalu terpaku dengan gadget dan tak bisa dipisahkan dari gadget, hal ini akan memengaruhi kemampuannya untuk bersosialisasi dengan orang lain, termasuk anggota keluarga lainnya ataupun teman-teman seusianya. Mums tentu tidak ingin kan si Kecil memiliki kemampuan sosial yang rendah?

4. Meningkatkan Risiko Obesitas

Menurut American Academy of Pediatrics, anak-anak yang terbiasa menggunakan gadget bisa menghabiskan lebih dari 7 jam untuk menonton, menjelajah internet, dan bermain video game setiap harinya. Hal ini membuat si Kecil kurang melakukan aktivitas fisik dan berisiko mengalami obesitas.

5. Tidak Fokus saat Belajar

Semakin sering si Kecil menggunakan gadget, hal ini akan membuatnya semakin kecanduan dengan gadget. Hal inilah yang nantinya akan membuat si Kecil tidak fokus saat belajar. Selain itu, kecanduan gadget juga akan menurunkan rentang perhatian si Kecil lho, Mums.

6. Gangguan pada Mata

Tahukah Mums kalau gadget merupakan salah satu penyebab utama gangguan mata pada anak-anak? Penggunaan gadget secara berlebihan dapat menyebabkan mata kering dan menyebabkan infeksi, sehingga bisa memengaruhi penglihatan. Cahaya biru yang dipancarkan oleh gadget juga akan mencegah pelepasan melatonin dan menyebabkan gangguan tidur pada anak.

Selain itu, penggunaan gadget yang berlebihan juga membuat otot mata terlalu berkontraksi dan sulit untuk rileks, sehingga dapat menyebabkan miopia atau rabun jauh. Oleh karena itu, sebaiknya batasi waktu anak menggunakan gadget.

7. Memicu Nyeri Leher dan Punggung

Tanpa disadari, penggunaan gadget yang berlebihan akan menyebabkan nyeri punggung dan masalah otot lainnya pada si Kecil. Nyeri leher dan punggung pada usia muda juga berbahaya bagi anak karena akan memengaruhi postur tubuhnya seumur hidup.

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, untuk mencegah dampak buruk yang telah disebutkan diatas, Mums sebaiknya membatasi penggunaan gadget pada si Kecil.

Daripada menggunakan gadget, Mums atau Dads bisa mengajak si Kecil untuk melakukan aktivitas-aktivitas fisik yang seru dan menarik. Tidak hanya mempererat bonding dengan Mums atau Dads, si Kecil juga mendapatkan berbagai manfaat untuk perkembangan kognitif, emosi, dan sosialnya.

Oh iya, kalau Mums punya pertanyaan atau hal lain yang ingin dikonsultasikan dengan ahli atau dokter, jangan ragu untuk menggunakan fitur ‘Forum’ yang tersedia di aplikasi Teman Bumil. Cobain yuk fiturnya sekarang Mums! (sbc-02/gsc)

 




Tinggalkan Balasan

error: