Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Jaga Kesehatan Jantung, Makan Ini untuk Membersihkan Pembuluh Darah
Search
Selasa 21 Januari 2020
  • :
  • :

Jaga Kesehatan Jantung, Makan Ini untuk Membersihkan Pembuluh Darah

Starberita – Jakarta, Menjaga kesehatan jantung adalah salah satu kunci untuk hidup sehat, bahagia, dan sejahtera hingga tua. Sayangnya, banyak yang tak peduli dengan kesehatan jantung. Padahal, menjaga kesehatan jantung tergolong mudah, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk jantung.

Jantung koroner adalah penyakit jantung yang angka kejadiannya sangat tinggi di dunia, bahkan menempati urutan atas sebagai penyebab kematian di dunia. Perlu Anda tahu, penyakit jantung koroner adalah gangguan kesehatan yang terjadi akibat adanya plak pada pembuluh darah. Plak tersebut terbentuk akibat kolesterol jahat (LDL) yang terakumulasi dalam jangka waktu tertentu.

Adanya plak pada pembuluh darah koroner jantung menyebabkan terjadinya penyumbatan dan pengerasan. Padahal, pembuluh darah koroner berfungsi sebagai pemasok oksigen serta “makanan” untuk sel-sel jantung. Sebagai akibatnya, fungsi jantung akan menurun secara perlahan hingga akhirnya rusak total.

Anda tentu tidak ingin berakhir mengalami kondisi tersebut, bukan? Jika memang demikian, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah makan. Bukan sembarangan, tapi mengonsumsi makanan yang memang terbukti dapat menjaga kesehatan pembuluh darah jantung.

Makanan yang bisa menyehatkan pembuluh darah

Beberapa makanan yang terbukti mampu menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga turut menurunkan risiko penyakit jantung di antaranya:

1. Ikan

Ikan mengandung jenis lemak sehat, yang justru bersifat melindungi kesehatan pembuluh darah dan jantung. Salah satu jenis lemak yang terkandung dalam ikan adalah omega-3.

Omega-3 dikenal sebagai lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah, sehingga mengurangi risiko serangan jantung. Beberapa jenis ikan yang kaya akan omega-3 adalah tuna, salmon, dan makerel.

2. Alpukat

Sama seperti ikan, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain itu, alpukat juga mengandung elektrolit bernama potasium yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan pengapuran pembuluh darah. Senyawa ini juga bisa mencegah terjadinya hipertensi alias tekanan darah tinggi, sehingga  menjaga kesehatan pembuluh darah.

3. Kacang-kacangan

Secara alami, kacang-kacangan kaya akan lemak tak jenuh, vitamin, serat, dan antioksidan. Tak cuma itu, kacang-kacangan juga merupakan makanan yang sehat untuk jantung dan pembuluh darah asalkan diolah dengan cara yang benar.

Kacang almon, kacang tanah, kedelai, dan kacang mede misalnya. Jenis kacang-kacangan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah apabila diolah dengan dikukus atau direbus.

Hindari mengolah atau mengonsumsi kacang-kacangan yang digoreng, karena bisa merusak manfaat sehatnya.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak sehat yang memiliki efek protektif terhadap kesehatan pembuluh darah dan jantung. Oleh karena itu, minyak ini sangat baik untuk dijadikan sebagai salad dressing atau minyak untuk menumis makanan.

5. Kopi

Kopi mengandung antioksidan yang mampu melindungi kesehatan jantung dan pembuluh darah jika dikonsumsi sebanyak dua cangkir sehari. Agar manfaatnya maksimal, Anda dianjurkan untuk konsumsi kopi yang tidak ditambahkan campuran gula dalam bentuk apa pun.

Hindari mengonsumsi kopi lebih dari dua cangkir per hari. Sebab, konsumsi yang terlalu banyak justru dapat meningkatkan risiko hipertensi.

6. Jeruk dan delima

Jeruk dan delima (pomegranate) adalah jenis buah yang kaya akan vitamin C. Buah tersebut memiliki kemampuan antioksidan yang mampu menjaga kesehatan pembuluh darah. Jika dikonsumsi secara rutin dan teratur, jeruk dan delima dapat mencegah terbentuknya plak di pembuluh darah.

7. Gandum utuh

Gandum utuh baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah karena mengandung serat tinggi yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Serealia gandum, oatmeal, atau roti gandum utuh dapat dijadikan sebagai sumber karbohidrat utama, khususnya bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit jantung.

Sertakan sumber makanan yang disebutkan tadi dalam menu harian Anda untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah tetap bersih. Meski sehat, tetapi tetap batasi porsinya jangan sampai berlebihan. Kombinasikan juga dengan olahraga teratur, kelola stres dengan baik, jauhi rokok dan alkohol, serta cukup tidur agar manfaatnya untuk tubuh bisa optimal. (sbc-02/kdc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: