Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Selain Tingkatkan Kesuburan, Ini Manfaat Taoge untuk Kesehatan
Search
Kamis 21 November 2019
  • :
  • :

Selain Tingkatkan Kesuburan, Ini Manfaat Taoge untuk Kesehatan

Starberita – Jakarta, Tak sedikit orang yang memanfaatkan taoge untuk meningkatkan kesuburan, yang memang didukung oleh fakta medis. Namun sebenarnya, manfaat dari taoge lebih dari sekadar menyuburkan!

Bicara tentang taoge dan kesuburan, dr Astrid Wwulan Kusumoastuti, mengatakan bahwa sayur kecambah tersebut kaya akan vitamin E dan folat, sehingga membawa kebaikan untuk kesuburan pada orang-orang yang mengonsumsinya.

Apakah hanya itu? Tentu tidak! Taoge mengandung fitosterol (alkohol yang berasal dari tanaman) yang cukup tinggi dan berfungsi sebagai antioksidan. Jika dikonsumsi secara rutin, manfaatnya sungguh tak ternilai untuk kesehatan tubuh. Apa saja?

1.   Memperbaiki sirkulasi darah dan mengatasi anemia

Penderita anemia biasanya memiliki sirkulasi darah yang buruk. Sebab, mereka tidak memiliki pasokan sel darah merah yang cukup untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Sedikitnya jumlah sel darah merah ini dipicu oleh kurangnya asupan zat besi.

Dengan mengonsumsi taoge secara rutin, pasokan hemoglobin akan meningkat. Dengan demikian, jumlah sel darah merah dan peredarannya di dalam tubuh juga akan lebih optimal.

Berkat manfaat itu pula, penderita anemia bisa terhindar dari kemunculan gejala seperti mudah lelah, sulit konsentrasi, pusing, dan gangguan pada perut.

Untuk manfaat maksimal, cobalah untuk mengonsumsi sayur taoge dengan cara ditumis dengan sedikit minyak, direbus, atau dikukus. Tambahkan juga bahan makanan lainnya yang bergizi agar nutrisinya makin lengkap!

2.   Membantu menurunkan berat badan

Sedang mencari makanan yang nutrisinya tinggi tetapi rendah kalori? Taoge jawabannya! Serat yang ada dalam taoge bisa membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Bahkan, taoge mampu menghambat pelepasan grelin (hormon lapar), sehingga nafsu makan jadi lebih terkontrol. Berkat manfaat ini, otomatis keinginan untuk ngemil juga berkurang, begitu juga porsi makan jadi tidak berlebihan.

3.   Menurunkan kolesterol dan memelihara kesehatan jantung

Taoge berasal dari benih yang berkecambah, sehingga memiliki kandungan saponin yang tergolong tinggi.

“Saponin dapat membantu menghancurkan kolesterol jahat (low-density lipoprotein atau LDL) tanpa mengganggu kolesterol baik (high-density lipoprotein atau HDL). Untuk mencegah stroke dan serangan jantung, taoge dapat dikonsumsi sebagai variasi makanan,” kata dr. Astrid.

Taoge juga mengandung asam lemak omega-3. Zat tersebut bersifat antiradang, sehingga dapat mengurangi kerusakan pada sistem kardiovaskular.

Untuk mencegah penyempitan pembuluh darah dan melepaskan ketegangan di arteri pembuluh darah, Anda butuh asupan kalium yang cukup. Nah, taoge juga mengandung kalium yang bisa mewujudkan hal tersebut.

4.   Memelihara kesehatan rambut

Tak cuma kaya akan vitamin E, taoge juga mengandung vitamin C. Zat gizi tersebut mampu melindungi rambut dari radikal bebas, sehingga terhindar dari kerusakan dan kerapuhan.

Selain memberikan perawatan dari luar, kandungan selenium pada taoge juga bermanfaat untuk mengatasi jamur. Ini sangat bermanfaat untuk Anda yang sering merasa gatal di kulit kepala.

5.   Meningkatkan daya tahan tubuh

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, taoge memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Dengan ini, taoge dapat meningkatkan jumlah sel darah putih untuk melindungi tubuh dari beragam penyakit.

Ingin mendapatkan manfaatnya secara maksimal? Jangan memasak taoge terlalu lama hingga tampak layu atau lembek. Ini penting supaya nilai gizinya tidak rusak.

6.   Melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme

Selain menjadi sumber serat, kandungan enzim yang tinggi pada taoge juga dapat melancarkan pencernaan, sehingga Anda terhindar dari sembelit atau konstipasi.

Tak hanya itu saja, protein dalam taoge dapat membantu memelihara sel-sel dalam tubuh, memperbaiki kerusakan jaringan, dan mempercepat regenerasi kulit serta perkembangan otot.

Selain untuk meningkatkan kesuburan, bertambah lagi paling tidak enam alasan untuk menambahkan taoge ke dalam variasi menu makan sehari-sehari untuk kesehatan yang lebih baik. Taoge sangat mudah diolah, bisa dicampurkan dengan banyak bahan—sayur lain, ikan asin, tempe, tahu, dan sebagainya, sehingga Anda tak akan bosan mengonsumsinya. Selamat menikmati sajian taoge! (sbc-02/kdc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: