Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Waduh, Ternyata Madu Berbahaya untuk Bayi!
Search
Minggu 26 Januari 2020
  • :
  • :

Waduh, Ternyata Madu Berbahaya untuk Bayi!

Starberita – Jakarta, Madu memang menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan, namun tahukah Anda bahwa bahan makanan ini ternyata tidak baik dikonsumsi oleh bayi?

Fakta ini cukup mengejutkan bila menilik kandungan nutrisi pada madu yang kaya akan antioksidan. Sayangnya, madu juga mengandung bakteri yang dapat mengganggu sistem pencernaan anak-anak di bawah umur 1 tahun.

Ada beberapa alasan kenapa madu berbahaya untuk bayi.

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, masalah utama mengapa bayi tidak boleh mengonsumsi madu adalah karena kandungan bakterinya yang dikenal dengan nama, clostridium. Bakteri ini memiliki potensi untuk ‘bersembunyi’ di dalam tubuh.

Kaitannya dengan bayi karena sistem pencernaan mereka belum mampu menangkis atau menetralisir bakteri tersebut. Bila dibiarkan akan memicu terjadinya botulisme atau keracunan yang bisa berakibat fatal.

Gejala untuk contoh kasus ini biasanya ditandai dengan suara tangisan yang lemah, turunnya berat badan, kemampuan mengisap, hingga sembelit. Lalu, bagaimana sistem pencernaan bayi berkembang?

Penyebab utama yang membuat bayi tidak dapat menahan bakteri clostridium dibanding orang dewasa berkaitan erat dengan kematangan atau kesiapan sistem pencernaannya.

Selama tahun pertama kehidupan, sistem pencernaan bayi masih belum kuat dan terus berkembang. Sementara sistem pencernaan orang dewasa sudah dapat menghalau bakteri yang masuk ke dalam tubuh mereka.

Jadi untuk melindungi bayi Anda dari keracunan makanan, sebaiknya hindari konsumsi madu terlepas label yang disematkan pada bahan makanan tersebut.

Nah, bila Anda bingung memilih jenis makanan ideal untuk mengganti nutrisi yang terkandung pada madu, Anda bisa mengakalinya dengan menyediakan pisang matang atau ubi rebus.

Memang, madu memiliki banyak manfaat jika diminum secara rutin, seperti mampu membuat kita tidur nyenyak, Menurunkan tekanan darah, Menurunkan trigliserida, Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Membakar lemak lebih cepat, Sebagai anti-penuaan hingga menghindari depresi.

Selain itu, madu juga tidak bisa digunakan bersama beberapa bahan makanan seperti mentega India, lobak, makanan non-vegetarian seperti daging dan tidak bisa digabung dengan air panas. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: