Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Daftar Herbal Ini Dapat Tingkatkan Kesehatan Tiroid
Search
Kamis 12 Desember 2019
  • :
  • :

Daftar Herbal Ini Dapat Tingkatkan Kesehatan Tiroid

Starberita – Jakarta, Meski ukurannya kecil, kelenjar tiroid di tubuh sangat perlu dijaga kesehatannya. Ini tak terlepas dari peran tiroid yang vital bagi tubuh. Namun, ada cara mudah yang diketahui bisa meningkatkan kesehatan tiroid, yaitu dengan mengonsumsi beberapa herbal.

Kelenjar tiroid adalah kelenjar berbentuk menyerupai kupu-kupu yang terletak di bagian depan leher. Menurut dr. Nabila Viera Yovita, kelenjar tiroid berperan penting dalam regulasi berbagai fungsi metabolik tubuh manusia.

“Ketika benjolan tiroid muncul, tak sedikit orang langsung panik dan mengira dirinya menderita kanker. Namun kabar baiknya, benjolan tiroid yang merupakan suatu bentuk keganasan sangat jarang terjadi,” ujar dr. Nabila.

Namun, Anda harus tetap hati-hati. Efek terganggunya kelenjar tiroid sangat berbahaya, yakni tak bisa menjalankan fungsinya sebagai penjaga organ tubuh. Semua orang, tanpa pandang bulu, bisa mengalami gangguan kelenjar tiroid.

Dua masalah yang biasa terjadi akibat gangguan tiroid adalah hipertiroid dan hipotiroid. Jika mengalami hipertiroid, Anda berarti kelebihan hormon tiroid.

Hal ini bisa membuat Anda mengalami jantung berdebar-debar, mudah berkeringat, penurunan berat badan, sering buang air besar, rasa cemas berlebih, serta kelemahan otot.

Sementara itu, hipotiroid adalah kebalikan dari hipertiroid. Hipotiroid menyebabkan metabolisme tubuh jadi lebih lambat dan menimbulkan gejala seperti mudah lelah, kulit kering, susah buang air besar, sulit berkonsentrasi, kenaikan berat badan, dan detak jantung menurun.

Daftar herbal yang meningkatkan kesehatan tiroid

Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir. Kesehatan kelenjar tiroid bisa diusahakan dengan cara yang muda. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis herbal tertentu, seperti:

1. Maca

Maca adalah jenis herbal yang mirip dengan bengkuang. Akarnya digunakan untuk membuat obat dan diketahui memiliki deretan nutrisi penting seperti vitamin B, C, dan E. Semua nutrisi itu dibutuhkan tiroid untuk mengatur tingkat metabolisme dan energi, serta untuk menghasilkan hormon.

Jenis herbal ini juga berguna untuk meningkatkan mood Anda dan mengendalikan komunikasi hormonal. Bahkan, Maca mengandung polifenol yang bisa menangkal paparan radikal bebas dalam tubuh.

2. Jahe

Selain sebagai zat tambahan untuk memasak dan membuat kue, jahe juga dapat meningkatkan kesehatan. Jahe juga telah digunakan selama ribuan tahun sebagai obat herbal untuk berbagai bentuk masalah kesehatan.

“Dalam 100 gram jahe, terdapat 80 kalori yang terdiri dari 84 persen karbohidrat, 9 persen protein, dan 8 persen lemak. Jahe juga mengandung vitamin B, C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, dan zink,” ujar dr Valda Gracia.

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan menghilangkan rasa sakit yang bermanfaat dalam mengatasi kondisi kronis. Para ahli juga telah menemukan bahwa jahe dapat menurunkan risiko tiroid dan masalah kardiovaskular yang berfungsi rendah.

3. Dandelion

Dandelion atau randa tapak mungkin tak terlalu terkenal di Indonesia. Akan tetapi, ternyata dandelion memiliki sifat anti-inflamasi. Terkait itu, dandelion pun dipercaya dapat membantu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh.

4. Ashwagandha

Ashwagandha biasa juga disebut sebagai ginseng India. Ini adalah salah satu herbal paling kuat dalam penyembuhan tradisional India, yaitu Ayurvedic.

Ashwagandha adalah herbal dengan beberapa sifat, seperti sifat anti-inflamasi dan menghilangkan stres. Artinya, herbal ini dapat membantu mengatasi kecemasan dan meningkatkan produksi hormon tiroid.

5. Kunyit

Kunyit sejak lama diketahui memiliki beragam manfaat. Herbal ini mengandung kurkumin, yaitu antioksidan kuat yang dapat membantu melawan peradangan kronis dan menetralkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan oksidatif.

“Khasiat kunyit terbukti relevan untuk segala macam kondisi, mulai dari kesehatan organ pencernaan, daya tahan tubuh, hingga organ intim. Ekstrak kunyit memiliki efek antioksidan, koleretik (menstimulasi aliran empedu), kolekinetik (menstimulasi kontraksi kantong empedu), antiradang, antikanker, dan antimikroba,” ujar dr Nitish Basant Adnani.

Selain itu, penelitian juga telah menemukan bahwa rempah-rempah ini memiliki aktivitas antibakteri dan anti-virus. Dengan demikian, hal tersebut dapat memberikan bantuan pada gangguan yang berhubungan dengan suasana hati, seperti kecemasan dan depresi, yang datang akibat masalah tiroid.

Satu lagi, kunyit juga dapat membantu mengurangi gondok atau pembesaran tiroid pada orang yang rentan mengalaminya.

Itulah daftar herbal yang disebut mampu meningkatkan dan menjaga kesehatan kelenjar tiroid Anda selalu sehat. Tidak ada salahnya Anda mencobanya lewat berbagai olahan. Tapi kalau ragu, boleh juga berkonsultasi dulu dengan dokter. (sbc-02/kdc)

 




Tinggalkan Balasan

error: