Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Pemprovsu Diminta Bangun Pusat Pelatihan Kerja di Kepulauan Nias
Search
Jumat 17 Januari 2020
  • :
  • :

Pemprovsu Diminta Bangun Pusat Pelatihan Kerja di Kepulauan Nias

Starberita – Medan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) diminta untuk membangun pusat pelatihan kerja di Kepulauan Nias, agar masyarakat yang bisa memiliki keahlian untuk bisa ‘terjun’ kedunia kerja sehingga memiliki bekal jika ingin merantau.

“Kepulauan Nias memerlukan pusat pelatihan kerja. sumber daya manusia (SDM) memerlukan suatu keahlian agar bisa menjadi lebih baik lagi, sehingga ketika mereka keluar dari Nias bisa bersaing dengan SDM lainnya atau bisa bersaing dengan pendatang,” kata Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut dari Fraksi Partai NasDem yang berasal dari daerah pemilihan Kepulauan Nias, Berkat Kurniawan Laoli kepada wartawan diruang kerjanya Jalan Imam Bonjol Medan, Kamis (26/9/2019).

Menurutnya, jika nantinya pusat pelatihan kerja tersebut telah dibangun, maka dipastikan banyak masyarakat Kepulauan Nias yang akan mengikutinya. Didalam pusat peltihan tersebut nantinya bisa dibuka program pelatihan keahlian pengelolaan hasil laut, pariwisata, perkebunan, pertanian, peternakan dan bahkan pengerjaan proyek infrastruktur.

“Dan ini akan memudahkan pemerintah tentunya, jika ada sebuah proyek pembangunan yang dikerjakan di Kepulauan Nias, maka pemerintah tidak perlu lagi membawa tenaga kerja dariluar Nias, cukup memanfaatkan ‘putra’ Nias sebagai pekerjanya. Karena mereka sudah mendapatkan pelatihan kerja dan telah memiliki keahlian yang tentunya dari taraf kehidupan ada kenaikan,” cetusnya.

Untuk itu, lanjut Berkat, dirinya akan segera mendorong Pemprovsu untuk menampung anggarannya ditahun berikutnya. Supaya pusat pelatiha kerja di Kepulauan Nias bisa terealisasi pembangunannya.

“Saat ini, generasi muda Nias lebih banyak pergi merantau keluar Pulau Nias mencari kerja dan lebih memperihatinkan lagi lebih banyak yang mengandalkan izajah SMA,” pungkasnya. (sbc-03)




Tinggalkan Balasan

error: