Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Jahe Merah Ampuh Atasi Batuk Hingga Cegah Kanker
Search
Minggu 19 Januari 2020
  • :
  • :

Jahe Merah Ampuh Atasi Batuk Hingga Cegah Kanker

Starberita – Jakarta, Jahe dikenal sebagai tanaman yang memiliki beragam khasiat dan telah banyak dimanfaatkan dalam kehidupan manusia sejak zaman dahulu. Pemanfaatannya, dipakai untuk menjadi bumbu masakan, atau bisa juga sebagai obat herbal.

Masyarakat umumnya mengenalnya dalam dua jenis, yakni jahe merah dan putih. Jahe merah biasanya memiliki bentuk lebih kecil, dan rasanya juga lebih pedas bila dibandingkan dengan jahe putih. Tak hanya itu, jahe merah juga ternyata lebih berkhasiat untuk meredakan batuk dibandingkan jahe putih.

“Air rebusan jahe merah lebih berkhasiat redakan batuk karena ada minyak asli di dalamnya yang bersifat atasi peradangan atau antiseptik,” ujar spesialis farmakologi klinik, dr Tulus Satriasih SpFK.

Meski memiliki khasiat yang sama dalam menurunkan kadar asam urat, namun jahe merah juga cenderung lebih ampuh atasi asam urat dibanding jahe putih. Bahkan, air rebusan jahe merah pun ampuh untuk cegah kanker lho.

“Tidak gantikan obat tapi bisa cegah terjadinya kanker karena ada kandungan antioksidan dan lebih tinggi dibanding jahe putih,” paparnya.

Air rebusan jahe merah juga mampu meredakan masuk angin, serta meredakan nyeri sendi. Tapi jangan salah, konsumsi jahe juga tidak boleh berlebihan ya.

“Cukup 2 gram atau 2 sendok teh per hari. Jika lebih dari 5 gram, khawatir akan membuat lambung sensitif dari rasa pedasnya. Parutan atau irisan jahe bisa dicampur dengan air rebus, lalu tambah madu dan lemon agar rasanya lebih enak,” jelasnya. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: