Search
Minggu 31 Mei 2020
  • :
  • :

HMI Sumut Minta Mahasiswa Yang Ditahan Segera Dilepaskan

Starberita – Medan, Pasca kerusuhan aksi unjukrasa di DPRD Sumut antara mahasiswa dengan kepolisian pada Selasa (24/9/2019), Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Sumut menyayangkan aksi pemukulan terhadap para mahasiswa yang sudah ditangkap oleh oknum kepolisian.

“Banyak itu beredar mahasiswa-mahasiswa yang dipukul oleh polisi padahal mereka sudah tidak berdaya. Itu juga harus jadi perhatian khusus, bahkan ada yang dipukul dengan pentungan, ini tidak bisa dibiarkan. Mahasiswa itu calon penerus bangsa, jangan semena-mena begitu. Kita minta polisi-polisi itu diberikan sanksi tegas,” kata Ketua Umum Badko HMI Sumut M. Alwi Hasbi Silalahi kepada wartawan, Rabu (25/9/2019).

Berkenaan dengan adanya mahasiswa yang diamanankan pihak kepolisian, Hasbi meminta kepada kepolisian khususnya Kapolda Sumut untuk segera melepaskan mahasiswa-mahasiswa yang ditahan tersebut.

“Kita minta kepada Kapolda agar mahasiswa yang ditangkap untuk dilepaskan. Mereka hanya generasi Bangsa yang ingin menyampaikan aspirasi, bukan sengaja untuk merusuh. Apalagi kejadian ini diduga ditunggangi oknum tak bertanggungjawab, tentu teman-teman mahasiswa hanya menjadi korban,” lanjut Hasbi.

Di sisi lain, Hasbi juga menyesalkan aksi pengrusakan berbagai kendaraan kepolisian dan fasilitas umum yang ada di seputaran kantor DPRD Sumut saat aksi dilakukan. Menurutnya, penyampaian aspirasi yang dilakukan baiknya tetap menjaga ketertiban dan keamanan. Selain itu, ia juga menilai melampiaskan kekesalan dengan menghancurkan fasilitas negara adalah kesalahan yang fatal.

“Kita juga menyayangkan aksi pengrusakan mobil polisi dan berbagai fasilitas oleh peserta aksi, itu fatal dan sangat tidak perlu. Unjukrasa dengan baik saja, jaga ketertiban. Kita hanya ingin menyampaikan aspirasi rakyat,” jelasnya seraya mengatakan agar teman-teman mahasiswa, khususnya kader HMI yang akan unjukrasa kiranya dapat menahan diri.

“Silahkan berunjukrasa, tapi fokus untuk menyampaikan aspirasi. Jaga ketertiban, jaga sopan santun,” tandasnya. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: