Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Gelar Aksi Kampanye, Gabungan Mahasiswa Tuntut Pemerintah Untuk Jaga Hutan
Search
Selasa 19 November 2019
  • :
  • :

Gelar Aksi Kampanye, Gabungan Mahasiswa Tuntut Pemerintah Untuk Jaga Hutan

Starberita – Medan, Puluhan mahasiswa gabungan dari UMA, UIN, dan USU melakukan aksi kampanye yang bertemakan ‘Asap Bukan Polusi’ di depan kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan, Rabu (24/9/2019) sore.

Dalam aksinya tersebut, mereka menyampaikan aspirasi dengan cara yang berbeda dari aksi-aksi sebelumnya. Dimana mereka menduduki sebagian badan jalani dengan menggelar orasi disertai hiburan lagu lagu bagaikan musisi jalanan.

Dalam orasinya mereka menyikapi soal pembakaran hutan dan lahan yang merusak ekosistem serta dampak asap yang mengganggu kesehatan manusia. Mereka juga mengkritisi apa yang terjadi di negeri ini.

“Pembakaran hutan jangan ada pembiaran dan pembodohan lagi. Harus ada tindakan tegas,” ungkap Koordinator Aksi, Fahriizal Tarigan dalam orasinya.

Lebih jauh Fahrizal mengatakan, bahwa kebakaran hutan yang terjadi berdampak negatif terhadap masyarakat. Oelh karenanya, tujuan aksi tersebut dilakukan karena mereka ingin menyampaikan kepada Kapolri dan Panglima TNI agar bisa memerintahkan anggota jajarannya agar bertanggung jawab penuh dalam menjaga keamanan di wilayahnya.

“Apabila anggotanya (Polri dan TNI) yang bertanggung jawab di Jambi ataupun Riau tidak sanggup mengatasi permasalahan itu, tolong diganti,” tegas Fahrizal.

Dalam aksi tersebut, mereka juga melakukan berbagai kegaiatan. Diantaranya, membagi-bagikan masker kepada masyarakat, pembacaan puisi, teatrikal orang utan dan harimau, serta penampilan musik akustik.

“Alasan kita mempertontonkan teatrikal orang utan dan harimau karena kedua binatang ini adalah hewan yang terlindungi dan juga langka. Dan akibat kebarakan hutan yang terjadi, banyak hewan yang mati. Makanya kita ingin menyampaikan ke semua kalangan bahwa hewan-hewan ini juga berfungsi dalam ekosistem hutan kita,” jelasnya.

Adapun yang menjadi tuntutan mereka melakukan kampanye tersebut adalah mereka ingin menuntut pemerintah agar menjaga hutan yang ada. Karena menurutnya, Indonesia ini dikenal sebagai salah satu negara paru-parunya dunia.

“Jangan sampai hutan kita habis, oksigen kita habis, gak tau kita nanti harus bernafas pakai apalagi,” ungkapnya.

Pantauan di lokasi, meski mereka duduk disebagian badan jalan namun lalu lintas di depan kantor Gubsu masih berjalan normal. Selain itu juga, aksi mereka turut mendapat pengawalan dari pihak Kepolisian dan juga Satpol PP Pemprovsu. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: