Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Gagal Ginjal Bukan Penghalang untuk Hidup Sehat, Ini 5 Tipsnya
Search
Jumat 6 Desember 2019
  • :
  • :

Gagal Ginjal Bukan Penghalang untuk Hidup Sehat, Ini 5 Tipsnya

Starberita – Jakarta, Hidup dengan memiliki penyakit gagal ginjal tentu tidak mudah. Anda perlu menjalani berbagai pengobatan, mengawasi setiap makanan yang dikonsumsi, dan membatasi beberapa aktivitas. Meski demikian, penderita gagal ginjal tetap dapat hidup sehat dengan menyesuaikan beberapa hal dari gaya hidup dan pola makannya.

Tips hidup sehat bagi penderita penyakit ginjal

Gagal ginjal adalah tahap terakhir dari penyakit ginjal kronis. Pada tahap ini, penderita gagal ginjal akan bergantung pada dialisis (cuci darah) rutin untuk memperpanjang harapan hidupnya.

Guna menunjang hal tersebut, berikut adalah sederet tips yang bisa Anda lakukan:

1. Menjalani dialisis secara rutin

Menjalani dialisis adalah salah satu kunci hidup sehat bagi penderita gagal ginjal. Jika Anda baru hendak mulai menjalani dialisis, berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter untuk mengantisipasi apa saja yang akan terjadi selama perawatan ini.

Ada dua jenis dialisis, yakni hemodialisis dengan mesin di rumah sakit, serta dialisis peritoneal dengan memasangkan alat ke dalam rongga di dalam perut. Apa pun jenis yang Anda pilih, pastikan Anda melakukannya secara rutin agar tubuh tetap sehat.

2. Meminum obat sesuai anjuran dokter

Penderita gagal ginjal harus meminum obat-obatan yang diberikan dokter secara rutin. Pasalnya, obat-obatan ini ditujukan untuk mencegah masalah kesehatan lain yang dapat menghalangi penderita gagal ginjal dari hidup sehat.

Minumlah obat-obatan tersebut sesuai dosisnya. Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa persetujuan dokter. Jangan pula menghentikan penggunaan obat maupun mengonsmsi obat-obatan lain tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.

3. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang

Makanan bergizi seimbang adalah makanan yang mengandung nutrisi lengkap dan beragam. Dengan memperoleh seluruh nutrisi ini, Anda dapat memelihara kesehatan sekaligus mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan lain.

Berikut adalah sederet makanan yang disarankan bagi penderita gagal ginjal agar tetap bisa hidup sehat:

  • Makanan pokok kaya serat, seperti nasi, roti, kentang, dan pasta
  • Sumber proteinberupa daging, ikan, telur, tahu, dan tempe
  • Buah-buahan dan sayuran dalam jumlah banyak
  • Susu dan produknya seperti keju, yogurt, dan mentega

4. Beristirahat dengan cukup

Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Akibatnya, penderita gagal ginjal lebih mudah merasa lelah dan sulit konsentrasi. Kondisi ini bisa bertambah parah jika penderita mengalami komplikasi berupa anemia.

Agar bisa menjalani hidup yang lebih sehat, penderita gagal ginjal perlu beristirahat dengan cukup. Anda bisa duduk sejenak saat merasa kelelahan dan tidur sebentar saat mengantuk pada siang hari. Cukupi pula kebutuhan tidur pada malam hari.

5. Berolahraga secara rutin

Walaupun penyakit gagal ginjal membuat Anda cepat merasa lelah, jangan jadikan ini hambatan untuk berolahraga. Olahraga bisa meningkatkan energi, mencegah depresi, dan mencegah penyakit lain yang mungkin muncul. Bahkan bagi penderita gagal ginjal yang parah sekalipun.

Pilihlah olahraga yang tidak membuat Anda cepat kehabisan napas. Misalnya, berjalan kaki, berlari santai, bersepeda, atau senam aerobik. Olahraga ini memang ringan, tapi cukup ampuh untuk membuat hidup penderita gagal ginjal menjadi lebih sehat.

Penyakit gagal ginjal tentu memberikan banyak perubahan pada hidup Anda. Namun, memiliki hidup sehat bukanlah mustahil selama Anda cermat memilih makanan, rutin menjalani dialisis dan minum obat, serta menyesuaikan aktivitas sehari-hari.

Semua perubahan ini akan terasa sulit pada awalnya, tapi Anda selalu bisa meminta bantuan dari keluarga dan orang-orang terdekat. Jangan lupa memeriksakan diri ke dokter secara rutin agar kesehatan Anda senantiasa terpantau. (sbc-02/hel)

 




Tinggalkan Balasan

error: