Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Ternyata, Banyak Makan Pedas Bisa Bikin Diare Cuma Mitos
Search
Senin 18 November 2019
  • :
  • :

Ternyata, Banyak Makan Pedas Bisa Bikin Diare Cuma Mitos

Starberita – Jakarta, Cabai bubuk instan yang kini banyak digunakan di berbagai jenis makanan memang bisa menambah cita rasa. Terutama bagi mereka yang doyan dengan sensasi pedas.

Tapi, kalian perlu tahu bahwa cabai bubuk instan yang banyak dijual juga mengandung pengawet. Menurut dr. Verawati Sudarma, SpGK, bahan pengawet yang terus dikonsumsi akan tertimbun di dalam tubuh dan bisa berbahaya.

Selain itu, cabai bubuk instan ini juga mengandung natrium yang tinggi.

“Satu takaran saji cabai bubuk ini saja sudah memenuhi 1/10 rekomendasi konsumsi natrium,” ujar Verawati.

Perlu diketahui juga, konsumsi makanan pedas seperti menggunakan cabai bubuk secara terus menerus bisa menurunkan sensitivitas indera perasa. Sebabnya, rasa pedas bisa merusak lidah sehingga bisa membuat lidah menjadi baal. Akibatnya, dia akan menambah lagi rasa pedasnya.

Meski begitu, ternyata mengonsumsi makanan pedas bisa menyebabkan diare itu hanya mitos. Verawati mengatakan, bagi sebagian besar orang Indonesia punya ketahanan lebih tinggi ketika mengonsumsi makanan pedas.

Saat mengonsumsi makanan pedas, tubuh memang menjadi lebih aktif, sistem pencernaan memproduksi banyak enzim, cairan di pencernaan juga lebih banyak dan pergerakan usus menjadi aktif. Bagi sebagian orang, pergerakan usus yang aktif ini bisa memicu diare. Tapi, bagi sensitif terhadap pedas, pergerakan usus yang cepat tidak akan menimbulkan diare.

Tapi, bagi yang memiliki keluhan masalah perut seperti irritable bowel syndrome, sebaiknya menghindari makanan pedas apabila gejala timbul. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: