Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – 5 Gejala Ambeien Ini Perlu Anda Ketahui
Search
Selasa 22 Oktober 2019
  • :
  • :

5 Gejala Ambeien Ini Perlu Anda Ketahui

Starberita – Jakarta, Anda sering merasa sakit atau perih di bagian anus ketika duduk atau berdiri? Bisa jadi Anda mengalami ambeien atau yang biasa juga disebut sebagai wasir. Rasanya pasti tidak nyaman. Maka dari itu, ketahuilah gejala-gejalanya agar ambeien tidak makin mengganggu aktivitas Anda.

Dalam bahasa medis, ambeien atau wasir disebut hermoroid. Ini merupakan kondisi di mana terjadinya pelebaran pembuluh darah yang terjadi di sekitar anus.

Pembuluh darah anus yang melebar tersebut sering kali menegang hebat, menipis, dan teriritasi. Kondisi ini bisa terjadi, terutama bila faktor-faktor risikonya terus berulang, salah satunya adalah ketika Anda sering mengalami buang air besar (BAB) yang keras.

Apa saja gejala ambeien?

Untuk mengatasi ambeien sendiri sebenarnya bisa Anda lakukan di rumah dengan cara yang alami. Tapi dalam beberapa kasus, ambeien juga membutuhkan pertolongan medis agar bisa sembuh. Jadi, sebelum Anda mengetahui cara mengobatinya, ada baiknya jika terlebih dahulu mengetahui gejala-gejalanya.

Menurut dr Arina Heidyana, ada beberapa gejala umum yang bisa menjadi tanda Anda terkena ambeien, seperti:

  • Feses bercampur dengan darah
  • Sulit BAB atau BAB keras
  • Timbul rasa nyeri dan sakit ketika duduk, berdiri, dan berjalan
  • Mengalami pembengkakkan di area anus
  • Timbulnya benjolan menyerupai bisul di sekitar anus.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, biasanya ambeien disebabkan karena Anda sering mengejan terlalu keras saat BAB. Hal ini pun ditegaskan oleh dr. Arina.

“Tekanan yang terlalu banyak pada rektum dan anus membuat pembuluh darah dalam anus mengalami pembengkakan. Sehingga, area anus pun bisa mengalami syok, pembuluh darah jadi pecah, dan menyebabkan feses bercampur dengan darah, serta mengalami bengkak atau timbul benjolan di area anus,” jelasnya.

Ambeien sendiri terdiri atas dua jenis, yakni ambeien internal dan ambeien eksternal. Menurut dr. Arina, jika Anda mengalami ambeien internal, maka ambeien yang terbentuk lokasinya cukup dalam, sehingga penderita tidak mampu melihat atau merasakan pelebaran pembuluh darah yang terjadi.

Sedangkan jika Anda mengalami ambeien eksternal, maka ambeien ini terbentuk dari pembuluh darah yang berlokasi lebih di luar, sehingga mudah dilihat dan dirasakan oleh penderitanya.

“Saat BAB, biasanya ambeien sering timbul keluar, sehingga mudah dilihat dan dirasakan penderitanya. Ini yang menyebabkan duduk Anda bisa menjadi tidak nyaman akibat mudahnya pembuluh darah teriritasi dan menimbulkan rasa nyeri,” ujar dr. Arina.

Pengobatan ambeien

Bagi kebanyakan orang, ambeien sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Untuk ambeien yang parah, seperti timbul benjolan besar dan sulit untuk disembuhkan, dr. Arina mengatakan bahwa ambeien tersebut harus ditangani dengan metode bedah atau operasi.

Akan tetapi, jika ambeien yang Anda rasakan masih dalam tahap awal dan belum berlangsung lama, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut penjelasannya:

1. Rendam dengan air hangat

Berendam air hangat tidak hanya bisa mengendurkan dan merilekskan otot punggung, tapi juga pada otot-otot yang tegang di sekitar anus. Air hangat juga dapat meningkatkan aliran darah untuk membantu mengecilkan vena yang bengkak.

Anda bisa mencampurkan air hangat dengan 1 sendok makan garam untuk membantu menyempitkan ambeien.

2. Jangan duduk terlalu lama

Apabila pekerjaan Anda mengharuskan untuk duduk dalam waktu yang cukup lama, cobalah untuk berjalan setiap 15 sampai 30 menit sekali. Hal ini berguna untuk mengurangi tekanan rektal yang menyebabkan ambeien. Hindari juga olahraga yang mengharuskan Anda untuk duduk terlalu lama seperti yoga dan bersepeda.

3. Cukupi asupan serat

Selain melakukan pengobatan dari luar, Anda juga bisa melakukan pengobatan dari dalam. Dengan cara apa? Dengan rutin mengonsumsi buah yang kaya kandungan serat.

Selalu sediakan buah seperti pepaya dan pisang dalam kulkas agar ambeien bisa dengan cepat teratasi. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi gandum utuh dan kacang-kacangan untuk bantuan ekstra mengatasi ambeien.

4. Tiduran

Setelah seharian bekerja, berbaringlah untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan membantu penyembuhan ambeien. Berbaring sambil menekuk kaki Anda selama kurang lebih setengah jam dapat meningkatkan sirkulasi darah ke area belakang dan pada akhirnya dapat membantu mengecilkan benjolan yang timbul akibat ambeien.

5. Minum obat

Jika cara-cara di atas belum juga meringankan rasa sakit akibat ambeien, maka minum obat khusus ambeien akan bisa membantu Anda. Konsultasikan pada dokter tentang obat apa yang direkomendasikan untuk mengatasi ambeien. Biasanya, dokter akan memberikan dua pilihan, yakni obat minum atau obat yang dioleskan pada anus.

Kini Anda sudah tahu gejala dan penyebab ambeien. Jadi, usahakan untuk tidak mengejan terlalu keras agar terhindar dari ambeien. Jika Anda sulit BAB, pastikan asupan serat Anda tercukupi setiap hari dengan mengonsumsi buah dan sayur. Apabila ambeien tidak kunjung sembuh, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. (sbc-02/kdc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: