Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Penderita Gangguan Pendengaran Beresiko Demensia
Search
Jumat 18 Oktober 2019
  • :
  • :

Penderita Gangguan Pendengaran Beresiko Demensia

Starberita – Jakarta, Gangguan pendengaran kerap disepelekan hingga berakhir menjadi masalah serius seperti demensia dan risiko terjatuh.

Education and Training Audiologist, Judy Grobstein mengatakan, jika gangguan pendengaran semakin lama didiamkan maka akan mengakibatkan seseorang berpotensi lebih besar mengalami demensia. “Tak hanya demensia, penderita gangguan pendengaran cenderung mengalami masalah pada kestabilan dan memiliki peluang lebih besar mengalami jatuh,” katanya di Jakarta.

“Gangguan pendengaran membuat seseorang berpotensi lebih besar mengalami demensia. Selain itu orang-orang yang bermasalah pada pendengaran juga berpotensi untuk terjatuh sebesar tiga kali lipat,” terangnya.

Judy menjelaskan, gangguan pendengaran yang dialami oleh seseorang terdiri dari beberapa tingkatan. Setiap tingkatan tersebut berpengaruh kepada kualitas pendengaran seseorang.

Gangguan pendengaran ini terdiri dari beberapa tingkatan yakni ringan, sedang, berat dan sangat berat. Gangguan paling ringan mulai dari 20-30 desibel, sementara yang paling berat yakni tidak bisa mendengar suara mesin pesawat di sebelahnya,” lanjut Judy.

Hearing Aid Acoustician, Manfred Stoifl menjelaskan, semakin seseorang tidak bisa mendengar maka otak mereka pun tidak akan mampu merespon suara dengan baik. Oleh sebab itu, ia menyarankan kepada setiap orang yang mengalami gangguan pendengaran untuk langsung segera menggunakan alat sedini mungkin.

Semakin lama orang tidak mendengar maka otak juga tidak akan merespon suara lagi. Otak akan beradaptasi untuk tidak mendengar, jadi ada baiknya seseorang menggunakan alat pendengaran sedini mungkin untuk menghindari hal yang tidak diinginkan salah satunya adalah demensia,” ucap Manfred.

Lebih lanjut Manfred menjelaskan, saat ini banyak sekali orang yang tidak percaya diri ketika menggunakan alat bantu pendengaran. Padahal jika didiamkan, hal ini akan berimbas pada kesehatan mental dan fisik seseorang. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: