Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Masyarakat Diajak Tingkatkan Disiplin Berlalu Lintas
Search
Rabu 16 Oktober 2019
  • :
  • :

Masyarakat Diajak Tingkatkan Disiplin Berlalu Lintas

Starberita – Medan, Masih banyak pengendara di jalanan yang tidak disiplin dan melanggar aturan lalu lintas. Padahal, selain untuk ketertiban di jalan raya, disiplin berlalu lintas sangat penting untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas. Karena itu, peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) diharapkan menjadi momen untuk meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas. Semua masyarakat diminta mengubah dan memperbaiki pola pikir terkait hal tersebut.

Hal itu disampaikan Gubsu, Edy Rahmayadi pada Apel Peringatan Harhubnas 2019, sekaligus peresmian Kereta Api New Sri Bilah Eksekutif di Lapangan Balai Yasa, Pulu Brayan Bengkel, Medan, Selasa (17/9/2019).

Edy menyebutkan, terkait perkembangan sektor perhubungan di Sumut saat ini, ada banyak yang harus ditingkatkan lagi melalui koordinasi bersama para stakeholder. Termasuk juga yang terpenting adalah kesadaran masyarakat.

“Ketidakdisiplinan para pengemudi kita itu juga harus diperbaiki. Bahkan yang buat kita prihatin, sudah mereka yang salah, mereka pula yang marah. Jadi mindset (pola pikir) kita harus diperbaiki,” ujar Edy yang juga merasa prihatin banyaknya sampah di sepanjang pinggir rel kereta api.

Sebelumnya, saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) Apel Peringatan Harhubnas 2019, Edy menyampaikan Pidato dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Dikatakannya, sektor ini punya peran strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebab keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan ekonomi, politik, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

“Karena itu segenap sumber daya manusia (SDM) perhubungan dituntut memperkuat kembali komitmen dan dedikasi untuk bekerja keras yang nyata di sektor transportasi. Karena ini bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Momentum ini juga menurut Kadis Perhubungan Sumut, Abdul Haris Lubis sebagai motivasi untuk mendorong pengembangan pembangunan perhubungan. Terutama soal keberadaan transportasi massal. Sebab saat ini sudah sangat membutuhkan fasilitas itu, khususnya Kota Medan.

“Jadi kita perlu menggagas untuk bisa secepatnya membangun angkutan transportasi massal. Misalnya LRT, Monorail, BRT, bus dan lainnya. Karena memang itu yang paling cepat perlu dilakukan. Apalagi Kota Medan saat ini sudah crowded (lalu lintas padat) terutama di jam tertentu,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur juga meresmikan kereta api eksekutif Medan-Rantau Prapat, mengunjungi Rail Clinic atau fasilitas pelayanan kesehatan di dalam gerbong KA. Termasuk kegiatan bakti sosial di dalam kawasan Balai Yasa Pulu Brayan. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: