Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Penyelenggara Pemilu Perlu Dievaluasi
Search
Jumat 18 Oktober 2019
  • :
  • :

Penyelenggara Pemilu Perlu Dievaluasi

Starberita – Medan,  Para penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) di Sumatera Utara (Sumut) dinilai perlu adanya evaluasi, terkait hasil-hasil pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018, 2019 dan 2020 mendatang.

Pasalnya, kata Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi (DPRD) Sumut) periode 2019 – 2024 dari Fraksi Partai Golkar, Irham Buana Nasution, karena diakui semua pihak bahwa banyak yang merasa terutama pelaksanaan Pemilu 2019 kemarin kondisinya seperti apa, terutama kepada penyelenggara sampai ke tempat pemungutan suara khususnya kepada PPK dan PPS.

“Tetap perlu ada koreksi , perlu ada evaluasi dan perlu ada perbaikan-perbaikan. Kita merasakan sendiri bagaimana pemilu legislatif yang lalu kondisinya seperti apa. Seharusnya dengan jumlah komisioner yang lebih banyak harus lebih baik lah,” tegasnya kepada wartawan di ruang kerjanya Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (17/9/2019).

Irham juga menjelaskan, badan penyelanggara pemilu seperti KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tanpa pelibatan DPRD baik ditingkat provinsi maupun di kabupaten/kota dalam perencanaan penyusunan, baik itu dibidang anggaran program dan tahapan.

“Terpenting, kita ingin nanti persiapan KPU dalam pelaksanaan Pilkada serentak ini yang mulai akan berjalan di awal tahun 2020 misalnya,  itu memang DPRD harus mengambil peran dalam menjaga keberagaman Sumut ini tetap terjaga, karena tercatat untuk Pilkada serentak 2020 di Sumut akan dilaksanakan di 23 kabupaten / kota,” pungkasnya. (sbc-03)




Tinggalkan Balasan

error: