Search
Sabtu 4 April 2020
  • :
  • :

Fatal Jika Diabaikan, Yuk Kenali Penyebab & Gejala Mata Kering

Starberita – Jakarta, Tanpa disadari seseorang melakukan aktivitas maupun pekerjaan yang menyebabkan mata menjadi tegang. Jika dibiarkan terus menerus, maka hal ini akan menyebabkan mata kering dan mengganggu aktivitas seseorang.

Dokter Spesialis Mata JEC Hospitals and Clinic, dr. Nina Asrini Noor, SpM, mengatakan bahwa mata setiap manusia memiliki beberapa lapisan. Lapisan tersebut menghasilkan air mata untuk mencegah mata kering yang akan menyebabkan rasa pedih.

“Lapisan mata menghasilkan air mata yang berfungsi mencegah kekeringan, mengirigasi mata, menjaga mata dari kuman, menutrisi dan menjaga mata agar tetap rata,” ungkap dr. Nina.

Dokter Nina menjelaskan bahwa mata kering adalah sebuah kondisi lapisan mata manusia mengalami ketidakseimbangan. Jika didiamkan secara terus-menerus, maka akan mengakibatkan kerusakan pada bola mata.

Tentunya ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami mata kering. Setidaknya ada tujuh penyebab yang paling sering dialami oleh masyarakat, mulai dari usia hingga tren anak muda yang menggunakan lensa kontak.

“Usia di atas 50 tahun khususnya wanita pasca menopause. Faktor lingkungan seperti debu atau asap rokok, riwayat operasi mata, penggunaan obat tertentu, penggunaan lensa kontak, terlalu lama menatap gadget, penyakit metabolik seperti diabetes melitus,” lanjutnya

Seseorang yang mengalami mata kering tentunya memiliki beberapa gejala yang bisa dirasakan. Jika hal ini sudah mulai dirasakan, ada baiknya seseorang peka dan tidak memaksakan matanya untuk terus bekerja.

“Beberapa gejala mata kering yang bisa dirasakan adalah terasa mengganjal, sering merah, berair, terasa kering, sensasi berpasir, keluar kotoran mata, terasa lengket, sering mengucek mata, mata mudah lelah, sensitif sama cahaya, dan fokus menurun,” tuntasnya. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: