Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Jenis Asupan Ini Bisa Mencegah Kanker Payudara
Search
Jumat 15 November 2019
  • :
  • :

Jenis Asupan Ini Bisa Mencegah Kanker Payudara

Starberita – Jakarta, Kanker – termasuk kanker payudara – adalah jenis penyakit mematikan di dunia. Namun jangan terlalu khawatir, ada banyak cara mencegah kanker payudara, yang dapat Anda mulai dari diri sendiri. Salah satunya adalah lewat asupan tertentu.

Gejala kanker payudara

Umumnya, kanker payudara tidak menimbulkan keluhan. Namun, jika sudah masuk dalam stadium lanjut, kanker payudara akan menimbulkan rasa nyeri dan sakit yang tidak tertahankan pada payudara.

Disampaikan dr Dyah Novita Anggraini, munculnya benjolan merupakan gejala paling sering timbul pada kanker payudara. Selain benjolan, beberapa gejala lain dari kanker payudara adalah:

  1. Perubahan warna kulit. Adanya kemerahan pada kulit atau bintik-bintik kemerahan seperti peradangan.
  2. Perubahan kulit. Adanya kerutan atau “lesung pipit” pada daerah sekitar payudara.
  3. Perubahan pada puting susu yang dapat berupa puting susu yang masuk ke dalam, menjadi datar tidak seperti biasanya, atau bengkak dan tidak terlihat seperti biasanya. Keluarnya cairan atau darah dari puting susu juga perlu diwaspadai.
  4. Nyeri pada payudara.

Asupan pencegah kanker payudara

Meski bisa datang pada siapa saja, bukan berarti kanker payudara tidak bisa dicegah. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah pola hidup sehat, termasuk mengonsumsi asupan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Makanan yang mengandung antioksidan disebut-sebut mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Menurut dr Muhammad Iqbal Ramadhan, makan buah yang mengandung antioksidan setiap hari dipercaya bisa menurunkan risiko kanker payudara. Buah mengandung banyak antioksidan, dan bersifat antiproliferasi sehingga mampu menurunkan risiko terjadinya kanker.

Tidak berhenti di situ, masih banyak asupan yang bisa mencegah tubuh terserang kanker payudara. Dilansir dari Healthline, berikut penjelasannya:

·         Asupan apigenin

Apigenin adalah flavonoid yang ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, dan tanaman herbal tertentu. Karena apigenin adalah antioksidan tinggi, makanan ini jelas memiliki sifat antiinflamasi yang bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Menurut sebuah studi tahun 2010, apigenin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara HER2. HER2 adalah salah satu gen yang berperan untuk memproduksi substansi protein HER2. Dikutip dari Breast Cancer, secara normal, HER2 membantu mengontrol pertumbuhan sel payudara sehat dan  memperbaiki diri ketika terjadi kerusakan.

Anda bisa menemukan Apigenin dalam seledri, chamomile, bayam, parsley, ketumbar, kemangi, dan oregano.

·         Asupan asam lemak omega-3

Para peneliti dalam satu studi tahun 2015 menilai dampak potensial dari omega-3 pada wanita yang mengalami obesitas dan memiliki payudara yang padat. Wanita dengan payudara padat enam kali lebih mungkin terkena kanker payudara dibandingkan wanita yang memiliki jaringan payudara tidak padat.

Dalam penelitian ini, kepadatan payudara menurun sehubungan dengan jumlah asam lemak omega-3 yang diberikan. Hal ini dianggap mengurangi keseluruhan risiko kanker payudara. Kadar asam lemak omega-3 tinggi dapat ditemukan dalam ikan salmon, ikan sarden, dan minyak ikan.

·         Asupan asam folat 

“Asam folat diperlukan untuk memproduksi sel darah merah yang mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Asam folat juga berguna untuk membuang racun yang ada di dalam jaringan tubuh. Jadi, ketika ada radikal bebas yang masuk dalam tubuh, asam folat bertugas untuk membuangnya keluar sehingga risiko kanker pun berkurang,” ujar dr. Iqbal.

Selain mencegah risiko kanker, asam folat juga membantu untuk mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi saat masih berada di dalam kandungan. Kebutuhan asam folat ini bisa Anda temukan dalam alpukat, pisang, pepaya, dan melon.

·         Asupan potasium

Kandungan potasium yang terdapat dalam buah mampu meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh sehingga daya tahan dalam tubuh ikut meningkat. Tidak hanya itu, potasium juga mampu menjaga otot tetap sehat dengan mempertahankan kadar cairan yang dimiliki. Anda bisa mendapatkan kandungan potasium dari buah pisang dan jeruk.

·         Asupan polifenol

Kandungan polifenol dalam buah beri, seperti blueberry dan stroberi, memiliki sifat antikanker yang baik untuk tubuh. Buah-buahan ini juga tinggi antioksidan, seperti vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Selain itu, menurut sebuah studi pada hewan tahun 2009, polifenol yang ditemukan dalam buah plum dan persik juga dapat membantu mencegah pembentukan sel kanker payudara. Bukti menunjukkan bahwa polifenol membantu membunuh sel kanker sambil menumbuhkan sel  sehat dalam jaringan payudara.

·         Asupan sayur

Sayuran berwarna hijau biasanya tinggi antioksidan dan serat, yang dapat membuatnya menjadi alat antikanker yang kuat. Selain itu, sayuran juga mengandung glukosinolat, sejenis bahan kimia yang dipercaya bisa melawan kanker dengan meningkatkan daya  tahan tubuh manusia.

Anda dapat mengonsumsi beragam asupan tersebut secara rutin setiap hari untuk mencegah kanker payudara. Pencegahan juga dapat dilakukan dengan pemeriksaan pap smear secara berkala untuk mendeteksi sel kanker secara dini. Hindari juga kebiasaan buruk seperti minum alkohol, merokok, dan tidur terlalu larut. Kurang tidur dipercaya bisa meningkatkan hormon stres yang juga berpengaruh pada pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. (sbc-02/kdc)

 




Tinggalkan Balasan

error: