Search
Sabtu 4 April 2020
  • :
  • :

Rheumatoid Arthritis, Penyakit Apa Itu?

Starberita – Jakarta, Kabar kurang mengenakkan baru-baru ini datang dari bintang reality show Kim Kardashian. Menurut tes kesehatan yang ia jalani, Kim positif memiliki antibodi lupus dan rheumatoid arthritis. Hal ini membuat ibu empat anak itu merasa takut.

Kim awalnya mengeluhkan pergelangan tangannya sakit dan rasa sakitnya berbeda dari yang sebelumnya. Kim juga merasakan sakit di tulangnya akhir-akhir ini. Hal tersebut terungkap di episode terbaru Keeping Up with The Kardashians.

Kim lantas pergi ke dokter dan melakukan tes kesehatan. Dokter mengatakan, menurut hasil laporan tes, istri Kanye West itu memiliki antibodi lupus dan rheumatoid arthritis di tubuhnya. Namun, tidak diungkap apakah Kim menderita dua penyakit itu atau tidak.

Hmm, kalau lupus mungkin Kamu sudah cukup sering mendengarnya. Tapi, apa itu penyakit rheumatoid arthritis?

Dilansir dari Mayo Clinic, Senin, 9 September 2019, rheumatoid arthritis adalah gangguan peradangan kronis yang dapat memengaruhi lebih dari sekadar persendian. Pada beberapa orang, kondisi ini dapat merusak berbagai sistem tubuh, termasuk kulit, mata, paru-paru, jantung dan pembuluh darah.

Gangguan autoimun, rheumatoid arthritis terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan tubuh penderitanya. Berbeda dengan osteoarthritis, rheumatoid arthritis memengaruhi lapisan sendi, menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan, yang pada akhirnya dapat menyebabkan erosi tulang dan kelainan bentuk sendi.

Peradangan yang terkait dengan rheumatoid arthritis juga dapat merusak bagian tubuh lainnya. Rheumatoid arthritis yang parah juga dapat menyebabkan cacat fisik.

Tanda dan gejala rheumatoid arthritis termasuk pergelangan yang bengkak, kekakuan sendi yang biasanya lebih buruk di pagi hari dan setelah tidak aktif bergerak, kelelahan, demam dan kehilangan nafsu makan.

Rheumatoid arthritis dini cenderung memengaruhi sendi kecil terlebih dahulu, khususnya sendi jari kaki dan tangan. Seiring berkembangnya enyakit, gejalanya sering menyebar ke pergelangan tangan, lutut, pergelangan kaki, siku, pinggul dan bahu.

Gejalanya juga dapat bervariasi dalam hal tingkat keparahan dan bahkan bisa hilang timbul. Periode peningkatan aktivitas penyakit, berganti dengan periode remisi relatif ketika pembengkakan dan nyeri memudar atau menghilang. Seiring waktu, rheumatoid arthritis dapat menyebabkan persendian menjadi rusak dan bergeser keluar dari tempatnya.

Duh, semoga Kim Kardashian enggak apa-apa ya. (sbc-02vnc)




Tinggalkan Balasan

error: