Search
Jumat 10 April 2020
  • :
  • :

DPRD Sumut Batal Gelar Paripurna Soal P-APBD Tahun 2019

Starberita – Medan, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Aduhot Simamora menegaskan bahwa rapat Paripurna DPRD Sumut soal P-APBD Tahun 2019 yang telah dijadwalkan, Rabu (4/9/2019) batal dilaksanakan.

Dari pantauan sejak pagi hingga pukul 12.00 WIB, ruang paripurna terlihat sepi dan hanya beberapa orang anggota dewan saja yang masuk dan kemudian keluar kembali.

Dijelaskan Aduhot, kondisi diakibatkan ketidakjelasan hasil konsultasi Tim Anggaran Pemerintah Daerah Pemprov Sumut dengan Kementerian Dalam Negeri soal P-APBD tahun 2019 yang sudah sempat disepakati pada paripurna pada (27/8/2019) lalu.

Menurutnya, jawaban Kemendagri sangat normatif. Batas akhir penyampaian P-APBD pada (30/9/2019). Tidak tegas menyebutkan apakah harus dibicarakan kembali antara eksekutif dengan legislatif, mengingat rapat paripurna sebelumnya sebanyak dua kali tidak mencapai korum.

“Kita akan berkonsultasi lagi ke Kemendagri mempertanyakan apakah maksud mereka dibicarakan kembali di rapat paripurna DPRD Sumut,” katanya kepada wartawan di Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (4/9/2019).

Lebih lanjut Aduhot menuturkan, bahwa Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Sumut sudah merencanakan pelaksanaan paripurna berikutnya pada Senin (9/9/2019) depan, jika hasil konsultasi ke Kemendagri menyatakan P-APBD dibicarakan kembali.

Akan tetapi Aduhot membantah ada tarik menarik antara pimpinan serta anggota DPRD Sumut dengan Gubsu dan jajarannya soal permintaan berbagai hal untuk dipenuhi agar pembicaraan soal P-APBD kembali dibuka. Di antaranya soal permintaan proyek, uang jasa selama menjabat anggota dewan dan lainnya.

“Siapa yang bilang begitu, tidak ada itu. Saya sensitif jika dibilang pimpinan ada meminta seperti itu. Saya tidak ada kepentingan apakah P-APBD disahkan atau tidak. Saya hanya menjalankan tanggung jawab sebagai anggota DPRD,” ketusnya.

Dengan dibatalkannya pembicaraan kembali P-APBD 2019, paripurna hari ini fokus pada pembahasan rancangan APBD 2020. Diperkirakan Gubernur Edy Rahmayadi akan hadir.

Pantauan di lokasi, saat ini sejumlah anggota DPRD Sumut tampak mulai memasuki ruang paripurna. Kontras dengan pagi tadi, di mana tak satupun dari seratus anggota kelihatan. (sbc-03)




Tinggalkan Balasan

error: