Search
Sabtu 6 Juni 2020
  • :
  • :

Miris, Medan Minim Fasilitas Penunjang Pemadam Kebakaran

Starberita – Medan, Sebagai kota besar di Indonesia, ternyata Kota Medan tidak memiliki fasilitas penunjang pemadam kebakaran yang baik, seperti ketersediaan hidrant, alat pemadam kebakaran serta buruknya koordinasi antara instansi.

Persoalan ini terungkap dalam rapat pembahasan R-APBD Kota Medan TA 2020 antara Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran Kota Medan dengan Komisi IV DPRD Kota Medan, (25/8/2019) yang dipimpin Ketua Komisi, Abdul Rani.

Kadis P2K, Albon Sidauruk, menyebutkan saat ini pihaknya memiliki 118 hidrant dan yang berfungsi hanya 13 titik hidrant saja.

“Kita sudah cek semua mulai dari Deli Tua hingga Diski, banyak hidrat tidak berfungsi. Bahkan, di Komplek Kantor Walikota Medan, hidrant dan pompanya tidak berfungsi,” jelas Albon.

Kondisi hidrant di sepanjang Jalan SM Raja, sebut Albon, seluruhnya tidak berfungsi. “Disimpang UISU ada satu hidrant masih bagus, hanya saja kondisi airnya tidak memungkinkan sehingga tidak bisa digunakan,” paparnya.

Kondisi serupa, sebut Albon, juga terjadi di kawasan Jalan Diponegoro, dimana hanya satu hidrant yang berfungsi tepatnya di depan Gedung Keuangan Negara. “Akibat minimnya hidrant ini, armada pemadam terpaksa harus pulang ke pos untuk mengambil air,” katanya.

Buruknya kondisi hidrant ini, sambung Albon, juga diakibatkan kurangnya koordinasi antara instansi. “Dari 118 hindrant ini, juga ada hidrant yang terturup trotoar dan taman,” ujarnya.

Terkait ketersediaan armada, Albon, mengakui saat ini memiliki 34 unit, 26 diantaranya merupakan armada pemadam kebakaran.

OPD yang Diabaikan

Sekretaris Komisi IV, Ilhamsyah, menilai Dinas P2K merupakan dinas yang diabaikan. “Sebagai kota terbesar, harusnya Kota Medan memiliki komitment terhadap Dinas P2K,” kata Ilhamsyah.

Bayangkan, kata Ilhamsyah, Medan dengan penduduk hampir tiga juta dengan luas wilayah lebih dari 300 ribu meter persegi sangat minim fasilitas. “Kita miris melihat ini,” tegas Ketua Fraksi Partai Golkar itu. (sbc-02)

 




Tinggalkan Balasan

error: