Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Perlukah Khawatir Jika Tangan Sering Kesemutan?
Search
Senin 23 September 2019
  • :
  • :

Perlukah Khawatir Jika Tangan Sering Kesemutan?

Starberita – Jakarta, Tangan kesemutan adalah adanya sensasi terbakar pada tangan, terasa seperti ditusuk, geli, serta mati rasa. Tak hanya di tangan, hal ini biasanya juga terjadi pada lengan, kaki, hingga bagian tubuh lainnya.

Meski demikian, sensasi ini tidak menimbulkan rasa nyeri, sehingga tidak membuat seseorang berobat ke dokter. Dalam bahasa medis, keluhan kesemutan dikenal sebagai parestesia.

Penyebab kesemutan

Kesemutan dapat bersifat sementara atau dalam waktu yang cukup lama (kronis). Beberapa penyebab yang menimbulkan kesemutan sementara adalah:

  • Penekanan saraf yang berlangsung lama dan menyebabkan gangguan suplai darah pada tempat tersebut, seperti saat tidur atau duduk bersila.
  • Serangan panik.
  • Dehidrasi (kurang cairan).
  • Frekuensi napas cepat.

Sedangkan, kesemutan yang sifatnya kronis dapat disebabkan oleh:

  • Gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi.
  • Gangguan jantung dan pembuluh darah.
  • Gangguan metabolik dan hormonal.
  • Gangguan jaringan ikat dan imunitas.
  • Kelainan darah, kulit, tulang, dan sendi.
  • Kurang vitamin B1, B5 dan B12.

Selain berbagai hal di atas, beberapa penyebab kesemutan di tangan yang paling sering dialami yaitu:

·         Penekanan pada posisi tertentu dalam waktu yang cukup lama

Hal ini menyebabkan aliran darah pada daerah tersebut terganggu. Ini merupakan hal yang wajar terjadi, sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

Yang perlu Anda lakukan adalah menggerak-gerakkan tangan agar aliran darah kembali lancar dan menunggu hingga sensasi kesemutan menghilang dengan sendirinya.

·         Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

CTS ditandai dengan keluhan kesemutan di bagian jari tangan, disertai nyeri ataupun mati rasa. Kondisi ini terjadi karena terjepitnya saraf di area pergelangan tangan. Biasanya karena gerakan repetitif seperti mengetik, memasak dan lain sebagainya.

·         Kurang vitamin B

Vitamin B sangat penting bagi kesehatan saraf. Apabila kekurangan vitamin, maka salah satu keluhan yang muncul pertama kali adalah kesemutan

● Diabetes dan gangguan tiroid

Keduanya dapat menyebabkan keluhan tangan kesemutan. Pada penyakit diabetes awalnya dikeluhkan kesemutan yang lama-kelamaan bisa membuat tangan dan kaki mati rasa dan susah sembuh jika mengalami luka.

Kapan kesemutan perlu dikhawatirkan?

Anda perlu khawatir apabila tangan kesemutan terjadi cukup lama, sering terjadi dan tidak membaik ketika digerak-gerakkan.

Terlebih jika disertai dengan keluhan sakit kepala, muntah-muntah, adanya kelumpuhan anggota tubuh, nyeri hebat,  mati rasa,  gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, dan lain-lain.

Perlunya dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui penyebab kesemutan sangatlah penting. Kesemutan biasanya merupakan pertanda adanya penyakit tertentu dalam tubuh, sehingga perlu dicari tahu dan diobati hingga tuntas.

Tips mencegah kesemutan tangan

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah keluhan kesemutan pada tangan:

  1. Hindari posisi yang sama dalam waktu yang cukup lama, atau kegiatan yang repetitif.
  2. Sering menggerak-gerakkan tangan atau melakukan olahraga ringan.
  3. Banyak konsumsi air putih.
  4. Banyak konsumsi buah dan sayur sebagai sumber vitamin dan mineral.
  5. Tambahkan asupan vitamin B.
  6. Rutin berolahraga.
  7. Konsumsi makanan gizi seimbang.
  8. Hindari rokok dan alkohol.

Setelah mengetahui bahwa tangan kesemutan dapat disebabkan banyak kondisi, tidak terkecuali  kondisi yang serius dan mengancam nyawa, maka Anda perlu waspada jika mengalaminya. Jadi, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam atau dokter saraf jika mengalami keluhan tangan kesemutan yang tidak kunjung membaik. (sbc-02/kdc)

 




Tinggalkan Balasan

error: