Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Pemkab Batubara Segera Siapkan BLK Ciptakan SDM Unggul
Search
Minggu 8 Desember 2019
  • :
  • :

Pemkab Batubara Segera Siapkan BLK Ciptakan SDM Unggul

Starberita – Batubara, Guna untuk manyiapkan tenaga ahli sumber daya manusia (SDM) yang terampil dan mandiri, Pemerintah Kabupaten Batubara segera membangun Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas. Pasalnya, BLK Komunitas tersebut akan dibangun di 12 Kecamatan se-Kabupaten Batubara.

Dari tahun 2020 balai latihan kerja ini sudah dicanangkan segera kita mulai. Sebut Bupati Batubara, Zahir di Kantor Bupati Batubara, Kecamatan Lima Puluh, Senin (19/8/2019).

Lebih lanjut dikatakan balai latihan kerja ini nantinya dipersiapkan untuk menampung para pencari kerja di Kabupaten Batubara. Sehingga, para pencari kerja dapat menjadi terampil dan mandiri.

Ini langkah awal yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Batubara telah mengirim anak-anak Batubara untuk mendapat pelatihan dan keterampilan di Bekasi dan Bandung. Saat ini yang sudah kembali ke Batubara usai mendapat pelatihan sebanyak 27 orang.

“Ini anak-anak yang baru kembali dari pelatihan merupakan aset kita Pemerintah Kabupaten Batubara. Kepala Dinas, ini segera dikelompokkan sesuai dengan bidang masing-masing,” katanya.

Namun, menurut Zahir, anak-anak yang telah kembali dari pelatihan harus dites ulang di Batubara. Jadi, disamping mereka telah mendapat sertifikat dari balai pelatihan kerja di Bekasi dan Bandung, mereka juga akan mendapat sertifikat dari Pemerintah Kabupaten Batubara hingga dinyatakan layak untuk dijadikan instruktur (pengajar).

Jadi, setelah mereka kembali ke Batubara, ini harus dites lagi hingga dinyatakan layak untuk jadi instruktur. Mereka ini yang nantinya kita persiapkan menjadi pengajar di Balai latihan kerja Komunitas. Sehingga, kedepan anak-anak Batubara tidak perlu lagi keluar daerah untuk mendapat pelatihan dan keterampilan.

“Anak-anak ini nanti yang akan kita siapkan untuk menjadi pengajar di Balai latihan kerja kita. Jadi, anak-anak yang lain nanti tidak perlu lagi keluar daerah untuk mendapat pelatihan. Cukup di Batubara. Mereka nanti akan kita beri honor dan kita angkat sebagai tenaga honorer,” ujarnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemerintah Kabupaten Batubara, Edwin menuturkan, selama ini program pelatihan dan keterampilam untuk pencari kerja belum pernah dilakukan.

“Selama ini belum pernah kita dapat kuota dari Jawa sana. Ternyata, setelah kita koordinasi dengan Kementerian, ada BLK yang bisa memberi pelatihan untuk anak-anak Batubara,” ucapnya.

Tetapi, kuota yang ada jumlahnya terbatas. Saat ini yang telah kembali dari pelatihan dan keterampilan di Bandung sebanyak 12 orang, dan Bekasi 15 orang. Sedangkan, 8 orang bulan depan akan diberangkatkan ke Semarang. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: