Search
Minggu 9 Agustus 2020
  • :
  • :

Para Pemuda Diajak Kobarkan Kembali Semangat Kemerdekaan

Starberita – Medan, Seribuan peserta mengikuti acara Tatpu (pawai obor) dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Jumat (16/8/2019) malam.

Uniknya seluruh peserta membawa obor yang menyala. Juga ada marching band serta Komunitas Sepeda Ontel. Gubsu, Edy Rahmayadi bersama Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Adrianto, Kajatisu, Fachruddin Siregar, Wagubsu, Musa Rajekshah (Ijeck), dan unsur Forkopimda Sumut lainnya para peserta Taptu dari depan Kantor Gubsu.

Selain itu juga turut hadir Sekdaprovsu, R. Sabrina, Dandim 02/01 BS, Kolonel (Inf) Roy J. Hansen Sinaga mewakili Pangdam I/BB, pimpinan OPD Pemprovsu, dan para undangan lainnya.

Kapolda Sumut, Irjen Agus Andrianto didaulat menjadi inspektur upacara, serta menyalakan obor dan melepas 1.217 peserta pawai obor. Para peserta yang berasal dari berbagai unsur seperti pelajar, pramuka, Puma Paskibraka, mahasiswa, TNI, Polri, Satpol PP, ASN Pemprovsu, dan Pemko Medan, Ormas, Menwa, Karang Taruna, Kader Bela Negara, BUMN dan BUMD tersebut, tampak bersemangat mengikuti pawai obor hingga finish di Lapangan Merdeka.

Gubsu, Edy Rahmayadi mengatakan, acara Taptu pada peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), adalah untuk mengobarkan kembali semangat pemuda untuk memerdekakan Republik ini.

“Adalah pekik semangat kemerdekaan menggugah generasi muda, untuk ikut serta menghayati, menghargai para pahlawannya dengan semangat memerdekakan Republik ini,” ucap Edy.

Dijelaskan Edy, semangat mengisi kemerdekaan selaras dengan tujuan nasional, yakni mencerdaskan kehidupan berbangsa, meningkatkan kesejahteraan, dan turut serta dalam perdamaian dunia.

“Yang pertama mencerdaskan kehidupan berbangsa, sama dengan yang disampaikan Presiden RI yang 20% dari anggaran negara dijadikan pendidikan, sekarang meningkat lagi penganggarannya untuk pendidikan, kita apresiasi itu,” katanya.

Dalam hal kesejahteraan di Sumut, Edy mengatakan akan memperkecil prosedur dalam rangka pembangunan yang nantinya akan meningkatkan para investor untuk berinvestasi di Sumut.

“Kalau presiden sudah meyampaikan seperti itu, kita juga satu arah, satu langkah, itu namanya loyalitas,” katanya.

Sementara untuk fokus di Sumut, sesuai arahan presiden RI ini, Edy Rahmayadi menyatakan akan fokus pada Danau Toba untuk meningkatkan pariwisata yang berkunjung. Selain itu, 33 Kabupaten/Kota juga akan diminta andil sesuai dengan spesifik daerahnya masing-masing.

“Fokus untuk Sumut adalah Danau Toba nya. Ini yang harus kita perhatikan dari 7 Kabupaten sekitar Danau Toba. Tetapi ada 33 Kabupaten/Kota yang juga harus kita ikutkan di sini, sesuai dengan spesifik daerahnya masing-masing. Ada yang yang bersangkut dengan pertanian, perkebunan dan perternakan dan ini yang akan kita kejar untuk kesejahteraan masyarakat,” jelas Edy. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: