Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Aktif di Bursa Transfer, Barcelona Bakal Unjuk Gigi di Musim 2019-2020
Search
Rabu 18 September 2019
  • :
  • :

Aktif di Bursa Transfer, Barcelona Bakal Unjuk Gigi di Musim 2019-2020

Starberita – Jakarta, Barcelona jadi salah satu klub yang kiprahnya begitu dinantikan pada musim 2019-2020. Sebab, mereka berhasil tampil perkasa dari satu musim ke musim berikutnya. Kini, publik pun menantikan apakah Barcelona mampu menjaga konsistensinya musim ini.

Berstatus sebagai klub raksasa asal Spanyol, Barcelona memang selalu tampil sebagai penantang gelar juara di setiap kompetisi yang dilakoni. Hal tersebut pun turut terjadi pada musim lalu. Sayangnya, penyelesaian yang kurang baik membuat Lionel Messi dan kawan-kawan kehilangan kesempatan untuk menyapu bersih seluruh gelar juara dari kompetisi yang dilakoni pada 2018-2019.

Hingga musim berakhir, Barcelona total dapat menyegel dua gelar juara, yakni dari ajang Liga Spanyol dan Piala Super Spanyol. Kondisi ini tentu saja belum membuat klub sepenuhnya merasa puas karena sejatinya Barcelona masih memiliki kesempatan untuk merengkuh gelar dari kompetisi lain pada musim lalu.

Salah satunya di Copa del Rey. Barcelona melaju hingga babak final. Sayangnya, mereka harus mengubur impian dalam-dalam untuk mengangkat trofi lantaran takluk dari Valencia dengan skor tipis 1-2.

Mimpi buruk juga dialami Barcelona di Liga Champions. Barcelona kembali gagal menghentikan puasa gelar juara yang telah berlangsung selama empat musim. Mereka terakhir kali meraih gelar juara di ajang tersebut pada musim 2014-2015. Musim lalu, mereka gagal menghentikan puasanya lantaran comeback luar biasa yang dilakukan Liverpool di Anfield Stadium pada laga leg II semifinal. Barcelona gugur setelah takluk dari Liverpool dengan agregat skor 3-4.

Kondisi ini tentu saja diharapkan tak terjadi pada musim 2019-2020. Sebab, rasa lapar akan gelar juara masih begitu membara di tubuh para pemain Barcelona. Mereka pun siap berjuang keras dengan persiapan yang telah dilakukan selama bursa transfer musim panas 2019.

Geliat di Bursa Transfer Musim Panas 2019

Ambisi besar yang dimiliki Barcelona untuk meraih kejayaan di berbagai kompetisi membuat sang pelatih, Ernesto Valverde, berbenah di bursa transfer musim panas 2019. Ia melakukan penjualan serta pembelian pemain demi membuat klub semakin tajam pada musim depan.

Sederet pemain anyar pun berhasil didatangkan Barcelona. Langkah tim berjuluk Blaugrana itu memang tak main-main selama bursa transfer musim panas 2019. Bahkan, drama panjang rela mereka lalui demi merekrut pemain-pemain yang diinginkan.

Empat pemain tercatat resmi didatangkan Barcelona ke Stadion Camp Nou pada musim panas 2019 ini. Dari empat pemain tersebut, ada nama pemain bintang, seperti Antoine Griezmann (Atletico Madrid) hingga Frenkie De Jong (Ajax Amsterdam).

Sementara dua pemain lainnya yang berhasil didatangkan ialah Neto (Valencia) dan Junior Firpo (Real Betis). Hadirnya seluruh pemain tersebut dipercaya dapat membuat Blaugrana menjadi kian tangguh.

Tak hanya membeli, Barcelona juga melepas beberapa pemainnya pada bursa transfer musim panas 2019 ini. Total, ada 11 pemain yang dijual. Nama-nama pemain andalan masuk daftar penjualan Barcelona, seperti Malcom yang dilepas ke Zent St Petersburg, Paco Alcacer ke Borussia Dortmund, hingga Denis Suarez ke Celta Vigo.

Drama Transfer Antoine Griezmann

Sebelum menjajaki perjalanan yang penuh liku pada musim 2019-2020, Barcelona telah lebih dahulu berjibaku dengan drama panjang. Hal tersebut terjadi semasa dibukanya jendela bursa transfer musim panas 2019.

Rencana mereka untuk memboyong Griezmann ke Camp Nou harus dibumbui dengan drama yang menyedot perhatian besar dari publik. Drama bahkan terus berlanjut setelah Griezmann telah resmi dipastikan jadi milik Barcelona.

Kondisi ini terjadi karena Atletico merasa dirugikan atas penjualan Griezmann ke rivalnya tersebut. Sebab, pihak Los Rojiblancos -julukan Atletico- mengklaim pembelian yang dilakukan Barcelona tak sesuai dengan perjanjian awal.

Atletico mengklaim pihaknya dan Barcelona telah menyetujui klausul pelepasan Griezmann yang dibanderol sebesar 200 juta euro atau sekira Rp3 triliun. Tetapi, Barcelona hanya membayar 120 juta euro atau sekira Rp1,894 triliun.

Kondisi ini membuat pihak Atletico berang dan sempat menghentikan penjualan Griezmann ke Barcelona. Tetapi akhirnya, Barcelona tetap mendapatkan sang pemain yang telah resmi diumumkan pada 12 Juli 2019 itu.

Meski begitu, pihak Atletico belum sepenuhnya menyudahi drama ini. Mereka masih terus memperjuangkan dana sebesar 80 juta euro dari Barcelona. Sebab, Presiden Atletico Madrid, Enrique Cerezo, mengklaim memiliki bukti adanya kecurangan yang dilakukan Barcelona.

Dikaitkan Kembali dengan Neymar

Tak hanya Griezmann yang berhasil membuat Barcelona menjadi sorotan jelang berlaga di musim 2019-2020. Tim asuhan Ernesto Valverde juga dikait-kaitkan dengan pemain lama mereka, yakni Neymar Jr.

Rumor kembalinya Neymar ke Barcelona jadi salah satu yang paling hangat diperbincangkan pada musim panas 2019 ini. Neymar dikabarkan memiliki keinginan besar untuk kembali merumput di Camp Nou. Isu ini muncul setelah dua tahun kepindahan Neymar dari Barcelona ke Paris Saint-Germain (PSG).

Pihak Barcelona sendiri dikabarkan menyambut baik keinginan Neymar. Mereka pun berusaha untuk mewujudkan keinginan sang pemain. Sayangnya, upaya mereka terganjal syarat fantastis yang diajukan pihak PSG.

PSG disebut baru akan melepas Neymar jika ada klub yang mau menyodorkan dana sekira 200 juta euro (setara Rp3,2 triliun). Harga yang dibanderol sepadan dengan dana yang dikeluarkan PSG kala meminang Neymar dari Barcelona pada 2017.

Dana ini tampaknya tak bisa dipenuhi oleh Barcelona sehingga sampai saat ini masa depan Neymar pun masih luntang-lantung. Kini, sosok penyerang asal Brasil itu sendiri tengah dikaitkan dengan klub lain, seperti Real Madrid hingga Juventus.

Prakiraan Formasi

Pembelian dan penjualan pemain yang dilakukan Barcelona pada bursa transfer musim panas 2019 dipastikan bakal memengaruhi susunan pemain mereka pada musim 2019-2020. Perubahan kemungkinan besar bakal dilakukan Valverde.

Hadirnya pemain bintang, seperti De Jong dan Griezmann, bakal memberi variasi pilihan kepada Valverde untuk menentukan starting XI di setiap laga. Nama mereka pun diyakini bakal jadi andalan sang juru taktik di musim depan.

Nantinya, dalam pola 4-3-3 racikan Valverde, Marc Andre-Ter Stegen diyakini masih akan dipercaya untuk mengisi posisi dibawah mistar gawang Barcelona. Posisinya diyakini tidak akan terusik, meski klub baru saja mendatangkan kiper anyar pada musim panas ini, yakni Neto.

Selanjutnya, di lini belakang, Barcelona bakal mengandalkan Nelson Semedo disisi kanan. Sementara di tengah, bakal ada duet Gerard Pique dan Samuel Umtiti. Di sebelah kiri, Valverde diprediksi bakal mengandalkan Jordi Alba.

Kemudian, untuk lini tengah, Barcelona diyakini bakal menghadirkan wajah baru, yakni Frenkie De Jong. Dia akan mengisi posisi di lini tengah bersama Sergio Busquets dan Arthur Melo.

Terakhir, di lini serang, pelatih asal Spanyol itu dipercaya akan mengandalkan kerja sama dari trio baru, yakni Lionel Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann. Dengan kerja sama ini, laju Barcelona diyakini bakal sulit dihentikan setiap lawan.

Prakiraan starting line-up Barcelona untuk musim 2019-2020:

(4-3-3): Marc Andre-Ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba; Frenkie De Jong, Sergio Busquets, Arthur Melo; Lionel Messi, Luis Suarez, Antoine Griezmann.

Pelatih: Ernesto Valverde

Stadion: Camp Nou

Kapasitas: 98.772 orang. (sbc-02/okz)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: