Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Kenali Makanan & Buah Untuk Asam Lambung
Search
Minggu 20 Oktober 2019
  • :
  • :

Kenali Makanan & Buah Untuk Asam Lambung

Starberita – Jakarta, Pernah memilih makanan, termasuk buah-buahan, dapat membuat asam lambung naik. Hal ini dapat menyebabkan gejala penyakit asam lambung kambuh. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui makanan dan buah untuk asam lambung yang aman dikonsumsi.

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan masalah kesehatan yang cukup sering terjadi di masyarakat. Penyakit yang menimpa organ lambung ini dapat menimbulkan nyeri ulu hati (heartburn) atau sensasi perih dan panas di dada akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan.

Untuk meringankan dan mencegah munculnya gejala, penderita penyakit asam lambung harus menerapkan pola makan yang baik, termasuk dengan memilih makanan yang dikonsumsi dengan bijak, guna mencegah naiknya asam lambung.

Makanan dan Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Untuk mengurangi asam lambung dan mencegah kambuhnya gejala, Anda yang menderita penyakit asam lambung atau sakit maag disarankan untuk mengonsumsi makanan dan buah-buahan berikut ini:

1. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat yang sangat baik untuk penderita penyakit asam lambung. Serat diyakini bisa menyerap asam lambung, sehingga meredakan gejala penyakit asam lambung.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan pada oatmeal juga dapat menurunkan berat badan, mengurangi kadar gula darah dan kolesterol, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

2. Sayuran hijau

Asam lambung bisa meningkat saat terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan manis. Oleh karena itu, sayuran hijau yang kaya serat dan tidak mengandung lemak maupun gula, seperti bayam, brokoli, selada, kacang panjang, dan kentang, merupakan makanan yang tepat dikonsumsi bagi penderita asam lambung.

3. Daging tanpa lemak dan ikan

Daging sapi, ayam, dan ikan yang diolah dengan cara dipanggang, dikukus, atau direbus juga bisa menjadi makanan yang baik untuk penderita asam lambung. Seafood yang rendah lemak juga baik untuk dikonsumsi, asalkan tidak digoreng dan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Untuk membantu mengurangi asam lambung, konsumsilah lemak sehat yang berasal dari minyak zaitun, minyak wijen, minyak biji bunga matahari, flaxseed, dan alpukat.

4. Tanaman herbal

Terdapat beberapa tanaman herbal yang bisa membantu meringankan gejala penyakit asam lambung, yaitu jahe, adas, dan lidah buaya. Jahe dikenal memiliki efek antiradang dan meredakan mual, sehingga cukup ampuh untuk mengurangi gejala penyakit asam lambung.

Adas dapat membantu menetralkan keasaman (pH) lambung, sehingga dapat mengurangi gejala asam lambung yang meningkat. Aloe vera atau lidah buaya juga terkenal sebagai tanaman herbal untuk menangani penyakit asam lambung karena dapat mengurangi peradangan dan melindungi lapisan dinding lambung.

  1. Apel

Kandungan kalsium, magnesium, dan kalium pada apel dipercaya bisa meredakan gejala asam lambung yang muncul. Untuk mendapatkan manfaat apel yang satu ini, disarankan mengonsumsi buah apel merah setelah makan atau sebelum tidur, dan pilihlah apel yang rasanya manis.

6. Pisang

Rasanya yang lezat serta harganya yang terjangkau membuat pisang menjadi salah satu buah favorit banyak orang. Tak hanya itu, pisang juga menjadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk penderita penyakit asam lambung.

Karena memiliki pH 5,6 yang mendekati pH netral, buah ini bisa membantu meringankan gejala penyakit asam lambung.

  1. Semangka

Semangka yang manis dan segar mengandung banyak air. Selain itu, buah ini juga dapat membantu menetralkan keasaaman di dalam lambung, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Selain buah semangka, buah melon dan blewah juga bisa dijadikan pilihan.

Makanan dan Buah yang Perlu Dihindari

Beberapa jenis makanan dan buah justru dapat meningkatkan asam lambung, sehingga bisa menyebabkan kambuhnya gejala penyakit asam lambung. Jadi, sebaiknya hindari makanan yang bisa memicu asam lambung naik, seperti bawang merah, bawang putih, tomat, peppertmint, dan makanan pedas.

Selain itu, hindari juga mengonsumsi buah sitrus atau buah-buahan yang rasanya asam, seperti jeruk dan lemon, agar penyakit asam lambung tidak semakin parah.

Konsumsi buah dan makanan untuk asam lambung yang disebutkan di atas juga harus didukung dengan gaya hidup sehat, yakni dengan tidak merokok, menjauhi minuman beralkohol dan kafein, serta menghindari stres. Makanlah dalam porsi yang lebih kecil, namun lebih sering.

Jika gejala penyakit asam lambung belum juga reda meski sudah mencoba pola makan sehat serta mengonsumsi makanan dan buah untuk asam lambung di atas, berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. (sbc-02/adc)

 

 

 

 




Tinggalkan Balasan

error: