Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Wakil Walikota Canangkan Bakti Sosial TNI-KKBPK-Kes
Search
Senin 23 September 2019
  • :
  • :

Wakil Walikota Canangkan Bakti Sosial TNI-KKBPK-Kes

Starberita – Medan, Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution, mencanangkan Bakti Sosial TNI Kependudukan dan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga Kesehatan (KKBPK-Kes) Kota Medan 2019 di Lapangan Benteng Medan, Rabu (31/7/2019) yang ditandai pemukulan Gordang  Sambilan.

Bakti Sosial TNI KKBPK-Kes yang merupakan kerjasama Kodim 0201/BS dengan Pemko Medan ini dimulai bulan Mei sampai Oktober 2019. Adapun kegiatannya diisi dengan pelayanan KB gratis bagi keluarga yang kurang mampu, donor darah, pengobatan gratis dan rumah sakit mata gratis.

Membacakan pidato tertulis Walikota, Akhyar, sangat mendukung kegiatan yang mengusung tema, “Untuk Mencapai Cakupan Kesehatan Semesta Kita Tingkatkan Akses dan Kualitas Pelayanan  KB Kesehatan di Seluruh Wilayah NKRI” tersebut.

Dikatakannya, luasnya wilayah NKRI yang tersebar dari Sabang sampai Marauke  menyebabkan sampai saat ini masih banyak daerah belum bisa mendapatkan layanan kesehatan yang baik.

Salah satu kendala dalam pelaksanaan program KB di Tanah Air, jelas Akhyar, terkait minimnya pengetahuan masyarakat tentang tata cara pelaksanan KB yang baik dan benar.  Kondisi ini akan berimbas dengan keterbatasan sumber daya manusia, sumber daya pangan dan sumber daya energi kedepannya.

“Persoalan ini harus segera kita atasi bersama. Jika tidak akan menjadi bencana besar dan ancaman bagi Kota Medan dalam beberapa tahun lagi,” katanya.

Sekaitan Itulah, Akhyar, berharap agar seluruh stakeholder di Kota Medan harus peduli dengan masalah yang terjadi di Kota Medan, salah satunya mengenai masalah program KB.

Untuk itulah dia mengingatkan agar Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Medan, Dinas Kesehatan serta para camat sebagai ujung tombak terdepan Pemko Medan supaya bersungguh-sunggu mendukung kegiatan Bakti Sosial TNI KKBPK-Kes tersebut.

Semua pihak yang terlibat dalam Bakti Sosial TNI KKBPK-Kes, kata Akhyar, harus memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Disamping itu bisa merujuk keluarga yang butuh pelayanan KB ke berbagai fasilitas kesehatan tersekat. Dengan demikian bakti sosial ini sebagai bentuk ‘jemput bola’  kepada masayarakat yang membutuhkan layanan kesehatan, khususnya mengenai layanan KB.

Sebelumnya Kadis DPPKB Kota Medan, Usma Polita, melaporkan rancangan operasional dan kegiatan yang dilaksanakan dalam bakti sosial TNI-KKBPK-Kes ini meliputi pelayanan KB gratis bagi warga Kota Medan di 21 kecamatan. Kemudian, peningkatan penyuluhan KB dan peran serta pria menjadi aseptor KB Vasektomi dan kondom, Di samping itu juga melakukan pembinaan ketahanan keluarga melalui peningkatan kualitas bina keluarga balita (BKB), para remaja, lanjut usia dan orang tua.

“Pelayanan KB gratis yang kita lakukan dalam Bakti Sosial TNI KKBPK-Kes mulai Mei sampai Juni 2019 sebanyak 1.404 akseptor. Tidak hanya memberikan pelayanan KB gratis, kita juga melaksanakan donor darah, pemeriksaan mata, kadar gula darah, pemeriksaan kolestrol dan asam urat serta papsemeer,” jelas Usma Polita. (sbc-02)

 




Tinggalkan Balasan

error: