Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Jelang Idul Adha, Pesanan Hewan Kurban di UPT Pasar Ternak Asahan Meningkat
Search
Kamis 24 Oktober 2019
  • :
  • :

Jelang Idul Adha, Pesanan Hewan Kurban di UPT Pasar Ternak Asahan Meningkat

Starberita – Asahan, Jelang H-11 Idul Adha 1440 H/ 2019 M, pesanan terhadap hewan kurban di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Ternak, Dinas Peternakan Kab. Asahan terjadi peningkatan.

Namun, peningkatan tersebut tidak terlalu signifikan dibanding tahun lalu “ada penjualan hewan kurban, tetapi tidak terlalu signifikan. Penurunan sekira 9 hingga ke 10 persen dibanding dengan tahun lalu,” Ujar Kepala Dinas Peternakan Kab. Asahan Syarif kepada wartawan di dinas setempat.

Syarief menjelaskan, ternak yang berada di UPT Pasar Ternak berasal dari Desa Pulau Rakyat Kec. Pulau Rakyat. Para pemilik ternak menitipkan hewan ternaknya untuk ditawarkan di UPT Ternak milik Pemkab Asahan tersebut. Dan diperkirakan hewan yang akan dikurban pada hari raya Idul Adha tersebut berjumlah 50 hingga 60 ekor. “Para pemilik ternak setiap hari Selasa dan Kamis mulai jam 10.00 wib hingga jam 18.00 menitipkan ternaknya untuk ditawarkan di UPT setempat,” imbuhnya.

Dijelaskan, setiap hewan kurban yang masuk di UPT Ternak akan diberikan subsidi berupa pemberian obat cacing, vitamin, sehingga dapat menambah bobot hewan ternak yang dipasarkan tersebut.

Di akhir bincang-bincang, Syarief mengatakan untuk tahun 2020 mendatang pihaknya akan mengajukan Perda tentang setiap hewan ternak yangb terjual di UPT akan dikenakan retribusi Rp.15.000 /ekor. “Kutipan retribusi tersebut akan digunakan untuk mengeluarkan surat keterangan kesehatan dan tanda pembelian agar jelas asal usul hewan dan tidak terjadi kekhawatiran,” tutupnya. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: