Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – 5 Penyakit Ini Bisa Diatasi dengan Minum Air Putih
Search
Selasa 15 Oktober 2019
  • :
  • :

5 Penyakit Ini Bisa Diatasi dengan Minum Air Putih

Starberita – Jakarta, Cara paling efektif untuk menyembuhkan penyakit adalah minum obat sesuai dosis dan keluhan yang dialami. Namun, tidak semua penyakit perlu obat. Beberapa penyakit bahkan bisa diatasi hanya dengan minum air putih.

Sebagaimana dikatakan dr Astrid Wulan Kusumoastuti, air putih sangat penting untuk menunjang fungsi tubuh secara keseluruhan. Ini karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air.

“Pada usia anak-anak, 75% tubuh terdiri dari air. Seiring usia, jumlah air pada tubuh akan terus berkurang hingga sekitar 45% saja,” kata dr. Astrid.

Mengobati penyakit dengan air putih

Para ahli kesehatan menyarankan Anda untuk minum air putih sebanyak 7 hingga 8 gelas dalam satu hari. Dengan memenuhi kebutuhan ini, Anda bisa mencegah sekaligus mengobati beberapa penyakit berikut:

1. Dehidrasi

Dikatakan oleh dr Dyan Mega Inderawati, minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari dapat membantu mencegah dan mengatasi dehidrasi.

“Pastikan tubuh terhidrasi dengan minum air putih yang cukup. Mengusir dehidrasi memang kuncinya hanya minum air, tidak ada cara lain yang lebih ampuh,” ujar dr. Dyan Mega.

2. Sembelit

Apakah Anda kesulitan buang air besar? Apakah frekuensi Anda buang air besar kurang dari tiga kali dalam satu minggu? Jika menjawab “ya” untuk semua pertanyaan tersebut, berarti Anda mengalami sembelit atau konstipasi.

Tenang, Anda tidak perlu khawatir. Sembelit bisa diatasi dengan meningkatkan konsumsi air putih. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan konsumsi sayur dan buah-buahan.

3. Kram otot

Berolahraga dan berkeringat tanpa mengganti cairan yang hilang adalah hal yang salah. Sebab, selain bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi, tubuh yang kekurangan cairan juga bisa mengalami kram otot.

Untuk membantu mengatasi sekaligus mencegah kondisi tersebut, Anda yang sering berkeringat wajib meningkatkan porsi air putih yang dikonsumsi. Dari yang tadinya 8 gelas menjadi 9 atau 10 gelas dalam sehari.

4. Sakit kepala

Beberapa studi seperti dipublikasikan di jurnal Headache mengungkapkan bahwa air putih bisa mengurangi sakit kepala (tipe tension) pada orang-orang yang dehidrasi. Pada studi lain yang dipublikasikan di European Journal of Neurology, air putih dikatakan mampu mengurangi intensitas dan durasi sakit kepala.

5. Kulit kering

Sering terpapar sinar matahari, mandi terlalu lama atau berada di ruangan berpendingin bisa membuat kulit kehilangan kelembapannya. Alhasil, kulit akan tampak kering dan kusam.

Untuk mencegah sekaligus mengatasi masalah ini, cobalah untuk mencukupi kebutuhan air putih setiap hari.

Minum air putih sebagai terapi pendamping

Selain penyakit-penyakit tersebut, ada pula anggapan yang menyebut bahwa minum air putih dalam jumlah cukup mampu mengatasi penyakit kencing darah atau hematuria. Anggapan ini tercipta karena hematuria menimbulkan keluhan berupa urine berbentuk gumpalan darah. Sebelum mampu dikeluarkan, gumpalan tersebut menyumbat saluran kemih dan menimbulkan rasa sakit.

Terasa logis, namun medis tidak sejalan dengan anggapan tersebut. Ini berarti bahwa air putih tidak mampu mengatasi penyakit kencing darah atau hematuria.

“Kencing darah itu tidak bisa disembuhkan dengan minum air putih. Tapi, memang, air putih bisa menjadi terapi pendamping bagi orang yang mengalami penyakit tersebut,” ungkap dr. Dyan Mega.

“Pasien hematuria disarankan untuk minum air putih dalam jumlah cukup, apalagi jika penyakit yang dialami berkaitan dengan infeksi bakteri. Ini karena air putih bisa membantu membersihkan tubuh dari bakteri-bakteri terkait,” pungkasnya.

Air putih memang dapat membantu mencegah sekaligus mengatasi penyakit, namun tidak semuanya. Nah, agar lebih sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit tertentu, jangan lupa minum air putih sebanyak 7–8 gelas setiap hari. Kombinasikan juga dengan gaya hidup aktif dan sehat, agar manfaatnya bisa lebih optimal. (sbc-02/kdc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: