Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Rayakan Idul Adha 1440H, Pemprovsu Akan Sembelih 125 Ekor Lembu
Search
Rabu 18 September 2019
  • :
  • :

Rayakan Idul Adha 1440H, Pemprovsu Akan Sembelih 125 Ekor Lembu

Starberita – Medan, Dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1440H yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019, Pemprovsu menargetkan 125 ekor lembu untuk di qurbankan pada hari tersebut.

Dimana ke-125 ekor lembu tersebut nantinya akan dibagikan kepada pihak yang berhak mendapatkannya sesuai dengan ajaran syariat Islam, yakni kepada anak yatim, fakir miskin, serta kaum dhuafa. Sebagaimana hal itu diungkapkan Kabiro Binsos Setdaprovsu, M. Yusuf kepada wartawan didampingi Kadisperindag Provsu, Zonny Waldi saat menggelar konfrensi pers terkait pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1440H di ruang Pressroom kantor Gubsu, Senin (29/7/2019).

Lebih jauh dikatakan Yusuf, dalam perayaan Idul Adha tahun ini agak berbeda dari perayaan sebelumnya. Dimana wadah atau tempat pembagian daging hewan kurban akan dibagikan akan menggunakan besek (bakul dari anyaman dari bambu) dan tidak lagi menggunakan plastik kresek (asoi).

“Ini kita lakukan karena selama ini wadah yang digunakan untuk tempat pembagian hewan kurban yang terbuat dari pelastik yang dikhawatirkan mengunakan bahan kimia dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia, seperti kanker dan lainya. Selain itu, penggunaan plastik juga dinilai tidak ramah lingkungan. Karena perlu ribuan tahun untuk plastik itu terurai sama tanah. Dan ini juga sesuai dengan imbauan Pak Gubernur yang menginginkan hal yang ramah lingkungan,” terang Yusuf.

Dari 125 ekor lembu yang akan dikurbankan, tambahnya, hingga saat ini baru tersedia 109 ekor lembu yang merupakan sumbangan pribadi dari para kepala OPD serta ASN yang ada di lingkungan Pemprovsu. Selain itu juga, dalam pelaksanaannya Pemprovsu tidak menggunakan anggaran Negara (APBD/APBN).

“Dari sumbangan dana pribadi para pegawai dari berbagai OPD tersebut, terjadi peningkatan hewan Qurban sebanyak tiga kali lipat pada tahun ini. Yang mana pada tahun sebelumnya hanya 36 ekor lembu yang dapat di qurbankan oleh Pemprovsu,” sebutnya.

Terkait penggunaan besek sebagai alat penyimpan daging hewan qurban yang akan dibagikan, Kadisperindag Sumut, Zonny Waldi menambahkan, dengan menggunakan besek yang terbuat dari bamboo, selain ramah lingkungan, juga akan mengangkat perekonomian para pengrajin bambu yang membuat bakul tersebut. Selain itu, katanya, bakul bambu itu juga merupakan salah satu warisan dari nenek moyang kita.

“Kemudian, besek itu juga, usai digunakan nantinya, dapat dicuci dan digunakan kembali sebagai tempat berbagai macam bumbu dirumah. Makanya Pak Gubernur kita mengimbau, agar alat untuk menyimpan daging kurban itu harus yang ramah lingkungan dan dapat bermanfaat nantinya,” terang Zonny.

Sedangkan untuk kebutuhan bakul yang terbuat dari bambu,tambahnya, diperkirakan berjumlah 18 ribu bakul yang akan di pesan dari daerah Binjai dan Langkat. Hal ini juga masih terbuka untuk para pengrajin lainnya yang mampu untuk membuat bakul terbuat dari bambu tersebut, agar segera menghubungi Disperindag ataupun Biro Binsos Setdaprovsu.

“Ini kita lakukan karena hal itu masih sangat diperlukan guna memenuhi kebutuhan yang berjumlah delapan belas ribuan tersebut. Selain itu juga, kita sebagai Dinas Perindustrian dapat mendatabasekan para pengrajin ini agar dapat bermitra dengan kita,” paparnya.

Kemudian terkait pelaksaan pemotongan hewan kurban, Zonny mengatakan bahwa Gubsu sendiri akan menyumbangkan tiga ekor lembu yang beratnya diatas seratus hingga dua ratus kilogram. Dimana sapi tersebut nantinya akan disembelih di tiga titik, yakni satu ekor di Mesjid Agung, satu ekor di Masjid Al Mashun, dan satu ekor lagi di Mesjid Raya Binjai. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: