Search
Selasa 7 Juli 2020
  • :
  • :

Masa Jabatan Tinggal 45 Hari, DPRD Medan Belum Siapkan 7 Ranperda

Starberita – Medan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan periode 2014-2019 masih “menyisakan” pekerjaan rumah (PR) menjelang berakhirnya. Pasalnya, DPRD Kota Medan hanya menyisakan sekitar 45 hari masa jabatan, namun masih menyisakan 7 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang masih berjalan atau belum disahkan menjadi Perda.

Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Iswanda Ramli, mengatakan pihaknya masih memiliki waktu 45 hari untuk menyelesaikan ketujuh Ranperda tersebut. “Awal bulan ini mungkin kita siapkan 3 Ranperda,” kata Iswanda Ramli kepada wartawan di Medan, Selasa (30/7/2019).

Pria yang akrab disapa, Nanda, ini optimis pihaknya dapat menyelesaikan Ranperda tersebut. “Memang ada tiga Ranperda yang akan kita siapkan dalam waktu dekat. Tapi, kita optimis semuanya dapat kita selesaikan,” ucap Nanda.

Ditanya mengapa Panitia Khusus (Pansus) belum menyelesaikan tugasnya, Nanda, enggan berkomentar lebih jauh.

Sementara Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapperda) DPRD Kota Medan, Rajudin Sagala, kepada wartawan membenarkan masih ada 7 Ranperda yang masih berjalan.

Menurutnya, belum selesainya pembahasan ketujuh Ranperda tersebut merupakan usulan eksekutif dan sebagian besar tak memiliki Naskah Akademik (NA).

“Itu sebagian besar belum punya NA. Jadi, bagaimana kita mau buat rapat lanjuta kalau tak lengkap syarat-syaratnya. Dalam waktu dekat Ranperda Ketentraman dan Ketertiban Umum akan diparipurnakan,” kata Rajudin.

Rajudin mengaku, pihaknya sudah menyurati berbagai pihak eksekutif untuk segera memeberi NA dan kelengkapan lainnya.

“Sudah kita surati, Senin depan kita rapat lagi. Kita minta NA-nya agar segera kita prioritaskan. Jadi, kita tahu mana yang harus didahulukan. Targer kita 3 atau 4 Ranperda harus siap sebelum masa jabatan berakhir,” tukasnya.

Diketahui, ketujuh Ranperda yang masih berjalan itu, antara lain Ranperda Izin Lingkungan, Ranperda Ketentraman dan Ketertiban Umum, Ranperda Data Penduduk Miskin dan Penerima Bantuan Iuran Kota Medan, Ranperda PUD Pembangunan, Ranperda PUD  Rumah Potong Hewan, Ranperda PUD Pasar dan Ranperda Retribusi Izin Tempat Penjualan Minuman Beralkohol. (sbc-02)

 




Tinggalkan Balasan

error: