Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Indonesia Endemis Hepatitis A, Ini Tips Pencegahannya
Search
Jumat 23 Agustus 2019
  • :
  • :

Indonesia Endemis Hepatitis A, Ini Tips Pencegahannya

Starberita – Jakarta, Satu per tiga orang di dunia pernah terinfeksi hepatitis A. Sementara itu di Indonesia, Kejadian Luar Biasa Hepatitis A di Kabupaten Pacitan juga telah menjangkiti hampir seribu orang.

Virus hepatitis A di Indonesia memang cukup rentan berkembang biak. Meski Indonesia adalah wilayah endemis hepatitis A, namun kenyataannya penyakit tersebut sangat mudah dicegah sejak dini.

“Indonesia memang endemis hepatitis A dan virus hepatitis A tidak ada obatnya, tapi cukup dengan istirahat dan perilaku hidup sehat dan bersih bisa mencegah dan mengobatinya,” ujar Sekjen Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia, Andri Sanityoso, dalam temu media di Gedung Kemenkes RI, Senin (22/7/2019).

Menurutnya, tidak ada obat yang ditujukan khusus untuk mengatasi virus tersebut. Bila sudah terlanjur terserang virus hepatitis A, Andri mengatakan penanganannya cukup mudah.

“Tidak ada obat yang ditujukan untuk virus. Penanganannya dengan terapi suportif istirahat, cairan, nutrisi yang cukup dan hindari suplemen atau obat yang dapat merusak hati,” kata dia.

Langkah pencegahan dianjurkan agar bisa menghindari penularan virus hepatitis A. Terlebih, pencegahan sejak dini pun bisa dilakukan dengan cara sederhana dan murah.

“Pencegahannya dengan sumber air minun bersih dan tidak bertukar sikat gigi,” paparnya. (sbc-02/vnc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: