Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Efektifkah Hilangkan Varises dengan Akupunktur?
Search
Selasa 20 Agustus 2019
  • :
  • :

Efektifkah Hilangkan Varises dengan Akupunktur?

Starberita – Jakarta, Munculnya varises pada kaki bisa sangat mengganggu. Ada sebagian kalangan yang berpendapat bahwa menghilangkan varises bisa dengan metode akupunktur. Pasalnya pengobatan tradisional asal Tiongkok itu dinilai bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah, yang terhambat akibat munculnya varises.

Jika benar demikian, seberapa efektifkah akupunktur bisa mengatasi varises?

Akupunktur untuk atasi varises

Varises adalah gangguan pada pembuluh darah vena berupa pembengkakan dan pelebaran, akibat kegagalan katup pembuluh darah menahan darah kembali ke jantung.

Menurut dr Karin Wiradarma, benar adanya bahwa metode tusuk jarum alias akupunktur dapat memperlancar peredaran darah. Namun itu hanya bisa berlaku pada kasus varises yang masih ringan, atau yang belum terlalu menonjol ke permukaan.

“Tapi, ketika varises itu sudah banyak dan sudah terlalu timbul, maka akupunktur tidak bisa menghilangkan varises. Perlu tindakan medis lain untuk mengatasi hal tersebut,” kata dr. Karin.

Ditambahkan oleh dr. Karin, akupunktur juga belum tentu efektif dalam mencegah timbulnya varises, karena penyebabnya bisa beragam.

“Iya, belum ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa akupunktur dapat mencegah varises. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh adanya riwayat keluarga atau terlalu sering berdiri lama dan memakai sepatu hak tinggi,” kata dr. Karin.

Menurutnya daripada mencegah dengan cara yang belum pasti berhasil, mengubah gaya hidup adalah hal yang  bisa dilakukan. Misalnya saja, Anda dapat mulai mengurangi frekuensi penggunaan sepatu hak tinggi dan tidak berdiri terlalu lama.

Cara lain untuk mengatasi keluhan varises

Adapun tindakan yang sudah terbukti dapat mengatasi masalah varises adalah dengan pemakaian stoking, konsumsi obat, skleroterapi, dan pembedahan.

Perlu diketahui bahwa stoking yang dimaksud bukanlah yang biasa Anda pakai untuk membuat penampilan kaki menjadi lebih mulus. Dikatakan oleh dr. Karin, stoking khusus varises adalah stoking kompresi yang tekanannya mesti diukur dulu oleh dokter bedah vaskular, sehingga arus darah bisa kembali normal.

Stoking ini dapat digunakan sepanjang hari, khususnya untuk orang-orang yang pekerjaannya menuntut berdiri dalam waktu lama serta menggunakan sepatu hak tinggi. Lalu, varises juga bisa diatasi dengan mengonsumsi obat yang mengandung zat diosmin dan hesperidin.

Diosmin dan hesperidin adalah jenis bahan kimia tanaman yang biasa ditemukan dalam buah jeruk dan lemon. Keduanya memiliki cara kerja dengan menormalkan tekanan darah pada vena, sehingga tidak ada lagi penumpukan, dan sirkulasi darah pun kembali baik.

Sementara itu, jika varises sudah dalam derajat yang parah, biasanya dokter akan merekomendasikan skleroterapi dan pembedahan. Skleroterapi itu sendiri mungkin masih asing di telinga Anda. Namun, caranya sama seperti menyuntikkan obat.

Ya, cara menghilangkan varises ini adalah dengan menyuntikkan bahan kimia sklerosant ke dalam pembuluh darah di kaki penyebab varises. Sklerosant mengandung kombinasi garam hipertonik, natrium tetradecil sulfat, polidokanol, serta gliserin kromat yang bekerja sama dalam menyusutkan pembuluh darah.

Namun, ketika sedang hamil atau menyusui, Anda tak boleh mendapatkan terapi ini. Karena belum bisa dipastikan apakah kandungan kimianya dapat memengaruhi kondisi janin atau tidak.

Sedangkan untuk pengobatan melalui tindakan pembedahan, mereka yang baru saja menjalani operasi varises, baru bisa beraktivitas seperti biasa setelah beberapa minggu kemudian.

Kesimpulannya, akupunktur memang sangat mungkin digunakan untuk menghilangkan varises yang masih ringan. Semakin cepat diatasi, maka kemungkinan untuk hilang akan semakin besar. Namun, jika kondisi varises sudah parah, dibutuhkan tindakan medis dari dokter. (sbc-02/kdc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: