Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Jangan Sepelekan, 6 Benjolan di Tubuh Ini Harus Diwaspadai
Search
Senin 14 Oktober 2019
  • :
  • :

Jangan Sepelekan, 6 Benjolan di Tubuh Ini Harus Diwaspadai

Starberita – Jakarta, Tanpa disadari ada banyak benjolan yang tiba-tiba saja muncul di tubuh.  Dalam kebanyakan kasus mereka tidak berbahaya. Tetapi beberapa dapat menjadi tanda peringatan bahwa sesuatu yang lebih jahat sedang terjadi.

Benjolan itu bisa saja jadi tanda dari kanker hingga masalah hati. Untuk itu penting untuk mengetahui benjolan kulit mana yang berbahaya sehingga tahu kapan harus pergi dokter umum.

Lalu apa sajakah itu? Berikut adalah enam jenis benjolan di kulit yang harus diperhatikan.

  1. Papula

Papula adalah salah satu jenis benjolan paling umum yang muncul di kulit dan merupakan jenis jerawat. Tetapi tidak seperti jerawat biasa dengan pustula, mereka tidak memiliki lepuh nanah yang kekuningan, dan sebaliknya, padat untuk disentuh.

Mereka muncul ketika pori-pori kulit menjadi sangat tersumbat dengan sel-sel kulit mati, minyak dan bakteri. Papula biasanya kecil, hanya tumbuh sekitar lebar kuku. Ia mungkin memiliki bentuk kubah atau mungkin memiliki bagian atas yang rata, dan bahkan mungkin memiliki kesan kecil di tengah yang terlihat seperti pusar.

Mereka dapat diobati dengan obat-obatan yang dijual bebas dan, jika ini tidak berhasil, dokter umum dapat meresepkan obat.

  1. Skin Tag

Skin tag tumbuh karena kolagen berlebih, tetapi tidak berbahaya dan dianggap lebih sebagai masalah kosmetik. Skin tag umumnya berukuran kecil, lembut, berwarna kulit yang menggantung kulit dan terlihat seperti kutil. Mereka cukup umum dan tidak berbahaya dan biasanya ditemukan di leher, ketiak, di sekitar pangkal paha atau di bawah payudara.

Ini juga dikenal sebagai acrochordons, mereka juga dapat berkembang di kelopak mata atau di bawah lipatan bagian bawah. Skin tag terbuat dari serat kolagen yang longgar dan pembuluh darah yang dikelilingi oleh kulit. Mereka lebih umum pada orang tua dan sering berkembang setelah penambahan berat badan atau kehamilan.

  1. Karsinoma sel basal 

Karsinoma sel basal adalah jenis kanker kulit non-melanoma yang berkembang di lapisan kulit terluar. Ini adalah jenis kanker kulit non-melanoma yang berkembang di lapisan kulit terluar. Menurut NHS, lebih dari 100.000 kasus baru kanker kulit non-melanoma didiagnosis di Inggris setiap tahun.

Karsinoma sel basal biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang intens, memengaruhi lebih banyak pria daripada wanita dan lebih sering terjadi pada orang tua. Ini jarang menyebar di luar lokasi tumor asli, tetapi jika tidak ditangani dapat menyebabkan kerusakan pada saraf dan otot.

  1. Melanoma

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang paling serius dan dapat memengaruhi kelenjar getah bening dan pembuluh darah. Ini adalah jenis kanker kulit yang paling serius dan dapat memengaruhi area kulit tubuh.

Mereka tumbuh begitu dalam di kulit sehingga bisa memengaruhi kelenjar getah bening dan pembuluh darah. Tanda peringatan paling umum dari melanoma adalah munculnya tahi lalat baru atau perubahan tahi lalat yang ada. Ini dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, tetapi daerah yang paling sering terkena adalah punggung pria dan kaki wanita.

Kebanyakan orang akan selamat dari melanoma tahap satu, tetapi pada tahap empat tingkat kelangsungan hidup turun menjadi 10 persen pada pria dan 25 persen pada wanita.

  1. Aktinik keratosis

Sinar ultraviolet, dari segala jenis paparan sinar matahari, dapat menyebabkan keratosis aktinik. Kondisi ini biasanya menunjukkan dirinya sebagai bercak kering dan bersisik yang disebabkan oleh paparan sinar matahari selama bertahun-tahun.

Bercak ini bisa berwarna merah muda, merah atau cokelat, dan dapat bervariasi dalam ukuran dari beberapa milimeter hingga beberapa sentimeter. Mereka paling sering muncul di wajah, terutama hidung dan dahi, lengan dan punggung tangan, pada kulit kepala botak atau di kaki. Bercak tersebut biasanya tidak berbahaya dan kadang hilang dengan sendirinya, tetapi dianggap sebagai pra-kanker karena dapat berkembang menjadi karsinoma jika tidak ditangani.

  1. Hemangioma

Hemangioma dapat terjadi di mana saja di tubuh dan disebabkan oleh sekelompok pembuluh darah. Hemangioma adalah jenis tumor non-kanker yang dapat tumbuh di kulit karena pengumpulan pembuluh darah yang tidak normal.

Mereka biasanya merupakan tanda lahir yang muncul sebagai nodul merah cerah yang kenyal. Hemangioma dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, tetapi paling sering muncul pada wajah, kulit kepala, dada atau punggung.

Jika seseorang memiliki banyak hemangioma pada kulitnya, mereka berisiko lebih tinggi untuk mengalami hemangioma internal. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: