Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Waspada, Minuman Soda Bisa Tingkatkan Resiko Kanker
Search
Kamis 19 September 2019
  • :
  • :

Waspada, Minuman Soda Bisa Tingkatkan Resiko Kanker

Starberita – Jakarta, Minuman manis seperti soda memang digemari oleh banyak orang. Apalagi jika kedua minuman tersebut disajikan dingin saat matahari sedang terik. Namun, Anda perlu berhati-hati saat mengonsumsinya. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa minuman soda juga dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker.

Meski belum mampu menyebutkan hubungan sebab dan akibat, studi tersebut menemukan bahwa minum tiga hingga empat gelas soda setiap hari telah terbukti berkaitan dengan peningkatan risiko kanker sebesar 18%. Wanita yang mengonsumsi jumlah minuman manis dengan jumlah serupa juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara sebesar 22%.

Hal ini ditemukan oleh tim peneliti yang berada di Perancis setelah melakukan studi pada lebih dari 100 ribu pria dan wanita dengan usia rata-rata 42 tahun.

Penulis utama dalam studi, Mathilde Touvier menekankan bahwa gula yang ada pada minuman soda benar-benar memicu timbulnya kanker. Dalam penelitian sebelumnya, Touvier juga mendapati bahwa minuman manis dapat meningkatkan risiko obesitas. Dan, pada waktu yang sama, obesitas kini telah menjadi pemicu timbulnya kanker.

Dalam penelitiannya, Touvier menemukan adanya sebuah zat pada soda yang dijadikan bahan penelitian. Zat ini dinamai 4-methylimidazole (4-MEI). Studi yang dimuat dalam jurnal PLoS One itu menyatakan bahwa warna minuman berhubungan dengan kadar 4-MEI di dalamnya. Semakin gelap warnanya, semakin tinggi kandungannya, semakin besar pula risiko kanker yang mungkin ditimbulkannya.

“Beberapa penelitian memang sempat melaporkan bahwa zat 4-MEI yang menciptakan warna karamel atau kecokelatan pada minuman ringan dapat memicu terjadinya kanker darah (leukemia) dan juga kanker paru,” kata dr. Sepriani Timurtini Limbong.

Lebih baik minum air putih

Minuman soda memiliki kandungan gula yang tinggi, yang diduga berkaitan dengan peningkatan risiko kanker. Oleh karena itu, guna menghindari bahaya tersebut, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi air putih saja.

Faktanya, air putih adalah minuman terbaik bagi tubuh. Tak heran, berbagai informasi kesehatan menyarankan agar Anda minum air putih sebanyak 7–8 gelas setiap hari, agar kebutuhan cairan tubuh senantiasa tepenuhi.

Lantas, apa saja sih manfaat air putih bagi tubuh?

1. Meningkatkan performa fisik

Kurangnya cairan dalam tubuh bisa membuat performa fisik menurun, terutama bagi Anda yang gemar berolahraga. Sebaliknya, minum air putih dalam jumlah cukup akan membantu mencegah dehidrasi dan menjaga kestabilan cairan di dalam tubuh, sehingga seluruh organ penting mampu berfungsi dengan optimal.

2. Menjaga fungsi otak

Menurut studi di Journal of Nutrition tahun 2011, wanita muda yang kehilangan 1,36% cairan setelah melakukan aktivitas fisik bisa mengalami gangguan suasana hati dan konsentrasi, serta frekuensi sakit kepala.

Sementara itu, studi serupa yang diterbitkan di British Journal of Nutrition menyebut bahwa 1,59% hilangnya cairan pada tubuh pria mampu memengaruhi kerja memori dan meningkatkan perasaan cemas serta kelelahan.

3. Mengatasi sakit kepala

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap hari dapat membantu meredakan sakit kepala pada mereka yang mengalami dehidrasi.

4. Mengatasi sembelit

Sembelit adalah masalah saluran cerna yang ditandai dengan lambatnya pergerakan dan sulit buang air besar. Meningkatkan asupan air putih sangat direkomendasikan sebagai bagian dari proses penyembuhan sembelit.

5. Menurunkan berat badan

Air putih membantu sistem pencernaan untuk membuang kotoran dari dalam tubuh. Karenanya, air putih dianggap dapat membantu menurunkan berat badan.

Minum air putih dalam jumlah banyak juga dapat membantu perut terasa kenyang, sehingga seseorang akan makan lebih sedikit.

Pada dasarnya mengonsumsi minuman soda memang sah-sah saja. Namun, Anda harus tetap waspada dengan tidak mengonsumsinya lebih dari 1 kali dalam rentang waktu 3 bulan. Akan lebih baik bila Anda mengonsumsi air putih sebanyak 7–8 gelas dalam sehari, agar risiko kanker dan penyakit berbahaya lainnya benar-benar bisa diminimalkan. (sbc-02/kdc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: