Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Kuku Berwarna Cokelat Kehitaman, Waspada Kanker
Search
Senin 14 Oktober 2019
  • :
  • :

Kuku Berwarna Cokelat Kehitaman, Waspada Kanker

Starberita – Jakarta, Jika Anda pernah memiliki garis putih atau titik-titik pada kuku Anda, mungkin Anda sudah tahu bahwa ini tanda kekurangan mineral, seperti kalsium dan seng, atau karena cedera pada pangkal kuku. Bisa juga garis-garis putih ini merupakan akibat dari reaksi alergi atau kerusakan pada dasar kuku, yang tidak muncul selama berminggu-minggu.

Terlepas dari tanda-tanda yang disebutkan di atas, manikur dan penggunaan kuku akrilik atau gel, juga dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada kuku Anda. Tetapi, dalam kasus yang jarang terjadi, hal ini dapat menandakan masalah kardiovaskular dan masalah kesehatan yang buruk.

Penting untuk dicatat bahwa seseorang tidak boleh menghilangkan segala bentuk perubahan pada kuku, karena kuku Anda dapat memberi tahu banyak tentang kesehatan Anda. Selain memeriksa peradangan, cedera dan bintik-bintik putih, jika Anda melihat garis cokelat kehitaman di kuku, Anda mungkin perlu memeriksakannya ke profesional medis yang terlatih.

Beberapa alasan umum bisa jadi karena gumpalan di bawah kuku hingga efek samping obat-obatan tertentu. Namun, tanda gelap pada kuku sebenarnya bisa menandakan sesuatu yang jauh lebih buruk.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), garis hitam pada kuku atau jari kaki mungkin merupakan gejala kanker kulit. Garis gelap di kuku Anda, mungkin bisa menjadi gejala melanoma, jenis kanker kulit yang paling serius. Meskipun umumnya tanda kanker kulit berupa tahi lalat yang berubah warna, tetapi banyak yang tidak menyadari bahwa kanker juga bisa tumbuh di bawah kuku Anda.

Disebut juga sebagai melanoma subungual, beberapa gejala lain dari penyakit ini di antaranya, kuku rapuh dan lemah, pendarahan di sekitar kuku, tanda cokelat kehitaman yang sepertinya akan menyebar, perubahan warna kulit di sekitar kuku dan nanah di bagian kuku yang berpigmen.

Jika tidak diobati, melanoma subungual dapat menyebar ke bagian tubuh lain dengan cukup cepat. Jika Anda sering menggunakan cat kuku, Anda harus sering mengecek warna asli kuku Anda. Jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan di sekitar kuku, segera periksakan ke dokter. (sbc-02/vnc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: