Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Indonesia Ditargetkan Juara Umum ASEAN School Games 2019
Search
Selasa 20 Agustus 2019
  • :
  • :

Indonesia Ditargetkan Juara Umum ASEAN School Games 2019

Starberita – Jakarta, Kontingen Indonesia yang akan berlaga di ASEAN Schools Games (ASG) 2019 berkumpul di Hotel Patra, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (17/7/2019). Disana, sebanyak 250 atlet dan official menjalani ritual pengukuhan bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi.

Saat acara pengukuhan tersebut, Imam kembali menegaskan target yang harus diraih oleh kontingen Indonesia pada perhelatan multicabang antarpelajar itu. Adapun, ASG edisi ke-11 tersebut bakal berlangsung di Semarang, Jawa Tengah, pada 18-24 Juli.

“Tentu kita sudah betul-betul menyiapkan diri sebaik mungkin lewat pelatnas yang sudah diselenggarakan kurang lebih setengah bulan yang lalu di Semarang ini dan ditangani oleh pelatih-pelatih yang andal, yang pernah menjadi juara dunia, Asia, ASEAN dan sebagainya. Tentu saya berharap momentum ASG ini menjadi pintu masuk bagi mereka untuk berkarier ataupun menapaki jenjang, karena ini di level pelajar, maka setelah ini mereka harus siap-siap masuk di level senior, baik itu di SEA Games, Asian Games, maupun di Olimpiade,” ujar Imam.

“Yang pasti ini adalah pintu masuk, ini adalah penjenjangan, menginginkan bahwa target besar kita menjadi juara di Asian Games dan Olimpiade. Disanalah adanya jenjang, nah karena jenjang, maka kita harus menjaga mereka, menjaga aset bangsa yang luar biasa ini dengan memberikan dukungan dan partisipasi, baik secara langsung lewat pendidikan mereka, pelatihan mereka, bahkan juga kita berharap nanti mereka punya bapak asuh yang bisa mengantarkan mereka berlatih, bertanding, camp, ataupun training jangka panjang di negara-negara yang lebih maju daripada kita sehingga nanti mereka kembali ke Tanah Air itu bisa memperkuat timnas kita, memperkuat tim kita di multievent yang lebih besar lagi di ASG ini,” lanjutnya.

“Selebihnya kami juga akan berusaha memberikan perhatian lebih kepada mereka, karena targetnya juara umum, maka tentu kalau targetnya terpenuhi saya sudah minta kepada jajaran Kemenpora untuk memberikan apresiasi. Meskipun pada level pelajar itu tidak seperti level senior yang diberikan bonus. Level pelajar itu apresiasinya berupa beasiswa di sekolah maupun penjenjangan lebih lanjut,” tambah Imam.

Sujud Syukur

Saat acara pengukuhan tersebut, Imam juga mengajak para atlet serta official untuk melakukan sujud syukur. Hal itu dilakukan agar para kontingen Indonesia diberikan kemudahan di ASG 2019.

“Ya sebetulnya itu sebuah spirit bagi kita semua, termasuk para atlet ini bahwa sekian lama mereka berlatih, ditangani oleh pelatih-pelatih hebat yang handal dengan teknik pemenuhan materi maupun jadwal yang begitu padat maka selebihnya sebelum bertanding tentu kita memasrahkan diri kepada Allah SWT agar Allah SWT terus memberikan keselamatan, perlindungan, kekuatan, kepercayaan diri, dan tentu rasa optimistis dan yakin bahwa mereka menjadi yang terbaik nanti,” tuturnya.

“Sehingga menjadi juara pun itu dilalui dengan cara yang baik, dengan fair play, dengan penuh respek, dan tentu saling menguatkan rasa persahabatan sesama pelajar se-ASEAN. Jadi kita memberikan mereka spirit bahwa sepenuhnya kita serahkan kepada yang maha segala-galanya,” imbuh Imam.

Sementara itu, ada sembilan cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan di ASG tahun ini. Diantaranya, atletik, tenis, bulutangkis, tenis meja, renang, pencak silat, sepak takraw, bola basket, dan bola voli. (sbc-02/bol)

 




Tinggalkan Balasan

error: